Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor yamaha mio goyang seperti ban kempes



Motor Yamaha mio goyang seperti ban kempes


Problem
Motor Yamaha Mio mengalami masalah ketika dikendarai seperti ban kempes, padahal tekanan ban normal, apalagi lewat jalan yang bergelombang akan lebih terasa lagi bergoyang.
Solusi
Ada beberapa bagian yang perlu di cek, seperti laker roda, kondisi pelek, ataupun sambungan antar mesin dan chasis (body). Setelah dicek dengan seksama ternyata sambungan utama antara mesin mio dengan chasis yang porosnya pertumbu pada 2 laker (bearing) bermasalah.
Penghubung utama motor Yamaha mio antara mesin  dan chasis (body) adalah seperti yang dilihat pada gambar dibawah (gambar 1). Masalahnya  adalah kedua lakernya sudah oblak sebelah kanan maupun sebelah kirinya. Cukup dengan mengganti kedua lakernya maka masalah akan hilang, harga terakhir bulan oktober 2012 dua laker yang diganti sekaligus sekitar Rp.52.000,00.
 
Gambar 1 
Untuk menggantinya pisahkan antara mesin dan chasis (body) dengan melepas komponen yang mengikatnya. Diantaranya cover body / tebeng , jok, aki ( yang dilepas negative (-) batere/aki dulu untuk keamanan), kabel rem belakang, pengikat sok breker belakang, knalpot, cop-copan kabel ataupun selang-selang, filter dan lainya yang menggangu saat dipisah. Sampai mesin dalam kondisi seperti ini (gambar 2).
Gambar 2
Kemudian dilepas lakernya dengan palu dan besi pendorong untuk mendorong as tengah agar laker bagian sisi yang lain terlepas terlebih dahulu, setelah laker dan as terlepas, laker disisi yang lainya lebih mudah dilepas (gambar 3). Setelah itu kembalikan lagi seperti semula

Gambar 3

Terima kasih 

Dadang Auto Champion