Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Rem cakram tidak responsif dan keras


Rem cakram tidak responsif dan keras

Masalah
Motor vega mengalami gangguan pada sistem rem cakramnya. Ketika direm keras namun tidak begitu responsif hasil pengeremannya. Seharusnya kondisi normalnya direm dengan satu jari saja sudah responsif dan bisa mengerem dengan baik.
Solusi
Lepas kaliper dicek kinerja pengeremannya. Untuk sepeda motor Yamaha vega pada bagian kalipernya terdiri dari 2 piston caliper. Setelah dicek ternyata kalipernya hanya satu yang bergerak responsif, adapun yang satunya lagi bergerak tapi lambat, padahal kondisi normal seharusnya begerak bersama menekan kampas rem merapat ke disc brake.
Langkah perbaikannya sebagai berikut :









Ket: dari kiri ke kanan berurutan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3
1. Ganjal kaliper yang normal dengan batang besi(gambar 1)
2. Tuas rem ditarik beberapa kali (gambar 2). Cara ini akan memaksa caliper yang macet untuk maju karena tertekan oleh cairan rem yang ditekan sampai kondisinya sama mepet dengan batang besi. Dalam kondisi seperti ini akan terlihat sebab macetnya biasanya karena kotor pada bagian sisi piston caliper.
3. Bersihkan bagian piston kaliper yang kotor (gambar 3 ada tanda panah) dengan kain sampai bersih. Hindari menggunakan skrap, apalagi amplas, karena akan merusak sisi piston. Setelah kondisi piston caliper bersih. Dipasang lagi dan dicoba. Masalah selesai.
Terima kasih
Dadang Auto Champion