Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengapa katub terbakar dan apa gejalanya

Mengapa katub terbakar dan apa gejalannya


Sekilas Nampak aneh, bukankah katup memang terkena panas pembakaran ketika proses pembakaran?. Maksudnya begini, sebuah katub terbakar akan terjadi ketika panas dari pembakaran bocor lewat katub, dan masuk saluran katub buang ataupun saluran katup hisap. Sehingga campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar bila kebocoran katubnya parah. Bila kebocorannya belum parah (Cuma mrembes) mesin akan mudah mati terutama kondisi stationer Kalopun hidup, hidupnya mesin tidak teratur.

Sebenarnya mudah dikenali karena dari suara bocornya yang keluar dari katup. Selain itu terkadang ada asap keluar dari karbu. Atau yang paling parah terjadi ledakan di karbu dan keluar api, bisa juga masalah tersebut terjadi di system pengeluaran atau knalpot karena katup buangnya terbakar dan terjadi suara ledakan juga. Semua itu didukung dengan pembacaan hasil pembakaran di busi yang tidak ideal.

Perbaikan dari masalah diatas adalah diganti katubnya dan disekur ulang agar lebih rapat. Selanjutnya stel katup sesuai prosedur dan servis ringan secara rutin.

Referensi

Pengalaman

Modern Automotive Mechanics (maaf penerbit, pengarang dan tahunnya tidak ketemu karena hanya copy bagian tertentu)

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Posting Komentar untuk "Mengapa katub terbakar dan apa gejalanya"