Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peluang Usaha bengkel motor (buah ketekunan)



Peluang Usaha bengkel motor

Berbicara tentang peluang usaha, saya ingin menceritakan tetang kisah seorang pemilik bengkel yang nama pemilik dan nama bengkelnya saya rahasiakan karena kode etik. Namun dari sisi pelajaran yang kita ambil sudah cukup sebagai informasi. Sebut saja bengkel X. Bengkel tersebut masih ada sampai sekarang dan sudah bisa mengantarkan anak sekolah sampai sarjana, mensejahterakan karyawannya, bermanfaat bagi lingkungannya dan dunia pendidikan didaerahnya.
Latar belakang mendirikan bengkel mobil adalah dari kemauan pemiliknya sendiri yang awalnya sopir, karena umur yang semakin tua, beliau memberanikan dan memastikan diri membuka usaha bengkel mobil di rumah, dengan keahlian yang sempat beliau miliki yaitu keahlian mekanik mobil dan modal yang seadanya atau super minimalis. Teknis bekerjanya bisa dikatakan learning by doing atau belajar sambil bekerja. Pelanggan pertamanya namanya pak Agus, dari orang inilah system pemasaran getok tular berjalan dengan rapi. Hingga sekarang pelanggan terdiri dari berbagai kalangan dari mulai instansi dan umum.
Bengkel tersebut sudah sudah berjalan sekitar kurang lebih 15 tahun terletak di Magelang Jawa Tengah. Kenapa bengkel ini bisa exist ditengah ketidakmapanan situasi ekonomi, persaingan ketat antar bengkel dan stabilitas keamanan negeri yang bisa berpengaruh?, Sebagai contoh resistensi bengkel tersebut adalah, bisa bertahan, padahal radius ± 500 meter dari situ ada bengkel Toyota yang lebih strategis tempatnya dan komplit fasilitasnya, namun pada akhirnya karena kerasnya persaingan justru bengkel Toyota tersebut tutup dan pegawainya ada yang sempat bekerja di bengkel x tersebut.
Faktor dominan dari sisi kekuatan bisnisnya adalah pada keahlian dan pelayanannya yang kekeluargaan. Namun apakah hanya ini saja factor tersebut. Hmm tenang aja masih ada yang lain yang akan saya sebutkan satu persatu diantaranya :
1. Konsistensi ( tidak seperti kemana arah angin bertiup)
2. Menjaga hubungan dengan karyawanya dengan baik
3. Komunikasi mendalam degan pelangganya
4. Harga yang realistis dan kompromistis
5. Sistem garansi
6. Kecepatan kerja dan tepat janji
7. Disiplin keuangan
8. Dll
Apa yang dapat diambil dari pelajaran diatas? 1 kata yang penting kita jadikan password adalah peluang usaha tidak sekedar dicari tapi diciptakan sendiri”. Pelajaran lainya adalah :
1. Bisnis yang tidak mudah ditiru.
2. Keahlian dan pelayanan bisa membangun kefanatikan konsumen (customer).
Intinya, keahlian apapun bila sudah mendapatkan kepercayaan publik akan lebih mudah berkembang usahanya. Dan tahukah anda bengkel sepeda motor lebih layak diprioritaskan karena jumlah populasinya yang lebih banyak? Demikian artikel dari saya
Dadang Auto Champion