Sebab Part Injeksi Mio J Pada Jebol
Problem
Dari
Ali bengkel injeksi NTT Anugrah Jaya Motor Kota Waingapu :
Assalamualaikum
pak, mau tanya motor Mio J pengisiannnya naik turun terus, spul ganti
baru (orisinil), kiprok baru (orisinil), aki baru, kira kira apanya
ya pak yang kurang, sudah memakan fuelpump asli 2 kali. Mohon
bimbingannya pak, salam dari kota demak.
Detailnya…….
Awal
datang motor injeksi Mio J mati total. saya tanya sama pemiliknya,
katanya sudah diperbaiki di tempat bengkel sebelumnya diagnti
fuelpump original dan rusak atau jebol. Kemudian di bawa ke bengkel
motor saya dalam keadaan mati total, dan fuelpump tidak bunyi.
Saya
eksekusi menggunakan alat infuse injeksi eh motornya bisa hidup atau
nyala. Habis itu saya tes pengisiannya pake tester digital. Saya
tanya pada diri saya sendiri, kenapa pengisiannya kok ngaco apa yang
bermasalah lagi. Padahal saya sudah ganti spul asli, ganti kiprok
asli, dan ganti ECU asli. Kabel masa sudah saya kasih tambahan semua.
Apa mungkin ISC rusak bisa jadi biang keroknya pak? ISC sudah saya
reset tapi tetap muncul kode 61. Kabel-kabel sudah saya urut semua
tidak ada masalah. Kasus sulit masih teka teki belum terjawab pak
sudah diluar nalar tolong dibantu pak. Dicoba gunakan 2 tester
digital untuk antisipasi barang kali multinya yang rusak, ternyata
hasilnya sama saja.
Solusi
Itu
contoh tingkat kesulitan trouble shooting motor injeksi dari mekanik
Bengkel Injeksi asal Demak Jateng yang Merantau di NTT. Beberapa
saran sudah saya instruksikan, termasuk melihat parameter data scann.
Dan saya musyawarahkan dengan tim, hasilnya perlu cek masa kiprok
salah satunya, intinya massa perlu dicurigai. Kemudian mekanik
bengkel injeksi tersebut temukan kabel body motor putus nyambung.
Kemudian perbaiki kabel bodynya dan sekalian diganti rumah sekring.
Jadi solusi intinya ganti kabel body sembuh.
Catatan
penting terkait ISC :
Bisa
problemnya terkait alat scann yang kurang canggih untuk reset sensor
ISC, bisa juga memang ISCnya bermasalah, dan disarankan untuk cek cop
busi dan businya agar semua orisinil dan businya kusus busi injeksi
yang ada kode R nya.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Demak (buka di NTT) yang konsultasi ke Auto Champion,
dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta