Ciri ECU Motor Injeksi Mio J Rusak
Ciri
ECU Motor Injeksi Mio J Rusak
Ada
sekian ciri kerusaan ECU pada motor injeksi, ada yang kerusakan ECU
total ada yang kerusakan ECU Parsial. Keduanya harus dikenali dengan
baik oleh seorang mekanik motor injeksi. Seperti pada kasus di bawah
ini termasuk kerusakan ECU Injeksi total. Gejala kerusakanya jelas,
jangan ragu untuk langsung ganti ECU, sebelum mengganti ECU/ECM
pastikan kabel kelistikanya normal agar tidak salah sasaran dalam
trouble shooting.
Ini
dialognya saya cuplik sebagian dari SMS
Gejala
awal kerusakan.
Motor
injeksi Mio J cepat mati, jarak 1-2 meter
mati dan nggak langsam . Habis di kuras tangki bensin
ternyata banyak kotoran. ISC sudah dibersihkan, tapi
penyakit masih belum hilang. Upaya lainya ganti busi
dan bersihkan injektor, masih belum beres juga.
Dicoba berkali-kali, tau-tau waktu kontak On
lampu Indikator MIL tidak nyala. Dicoba
isi bensin mau nyala tapi kedip-kedip
terus dan agak redup. Pent : kejadian di atas pas kondisi ECU
Kemampuan Menurun hampir rusak total. Adapun yang dibawah ini saat
ECU Sudah rusak total.
Detail
gejala ECU rusak :
-
Motor matik injeksi Yamaha Mio J belum bisa hidup (susah dihidupkan).
-
Kunci kontak On MIL kadang nyala kadang tidak, redup atau mati total.
-
Tidak ada tanda pompa injeksi hidup, sehingga bensin tidak mau keluar.
-
Pengapian mati
Dari
sekian dialog dengan pembeli alat / murid saat konsultasi, karena MIL
sering tidak muncul, pengapian tidak ada, semprotan bensin juga tidak
ada dan gejalan lainya mengarah ke ECU Trouble, langsung saja tembak
trouble shooting by phone, ganti ECU/ECMnya! Dan masalah beres. oya harga ECU Mio J 552 ribu.
Terima
kasih
Dadang
Auto champion