Honda CB150R Tidak Nyala dan Tekanan Pompa Injeksi Rendah
Honda
CB150R Tidak Nyala dan Tekanan Pompa Injeksi Rendah
Keahliah
harus selalu dilatih dan diasah, tidak jarang orang yang awalnya
mahir, bahkan berprestasi, akan tetapi kurang latihan dan terasah,
akan kurang ilmunya dan lemah skillnya. Namun sebaliknya orang yang
awalnya biasa saja tapi kemudian konsisten latihan dan banyak
bertanya dan konsultasi dengan orang yang lebih tahu, akan cepat
perkembanganya.
Saya
memberi apresiasi murid saya dari Makasar yang setelah kursus
berusaha untuk mengasah ilmunya dengan memperbaiki dan trouble
shooting motor, meski baru dari kalangan orang terdekat, entah
saudara, relasi atau teman. Seperti sharing dibawah ini saat dia
memperbaiki motor injeksi Honda CB 150 R sambil
konsultasi ke Auto Champion.
Problem
Motor
injeksi
Honda
CB150
R
distater
tidak
mau nyala. Aki tegangannya 12 V
kondisi baik. Dicek
dengan
scanner injeksi
Honda semua
normal. Tapi pas bukaan gas setengah ke atas malah turun rpmnya.
Solusi
Beberapa
treatment atau perlakuan perbaikan motor
yang sudah dilakukan diantaranya :
-
Membersihkan injektornya.
-
Mengukur tekanan pompa, ternyata tidak ideal hanya 100kpa, itu problemnya tekannya sangat rendah. Standarnya sekitar 294kpa.
-
Ganti Busi, belum kelihatan signifikan.
-
Membersihkan sistem pompa injeksi, menguras tangki dan membersihkan dari air yang masuk tangki CB 150 R. Tidak signifikan juga.Dicek seksama, ketemu sumber kerusakanya, hanya tekanan bahan bakar di pompa injeksi memang tidak normal. Dibersihkan dan dikuras airnya maximalnya hanya 100kpa. Dengan begitu kesimpulanya ganti pompa assy, harganya prediksi 500 ribu. Tapi ternyata setelah dicek detail kerusakanya hanya ada di rotor fuel pump injeksinya, dan ternyata tidak harus beli pompa injeksi assy, hanya beli rotor fuel pump injeksinya saja, harganya terjangkau hanya 135 ribu. Setelah diganti rotor fuelpumpnya motor bisa normal kembali.
Yang
perlu dicermati :
Honda
CB 150 R keluaran pertama tahun 2013 menurut murid saya tadi setelah
cari referensi di internet, ternyata kelemahanya disebabkan oleh
tutup tangkinya yang mudah kemasukan air. Air inilah yang bisa
merusak sistem pompa di dalamnya, termasuk rotor fuel pumpnya. Selain
itu dengan kemasukan air otomatis susah dihidupkan.
Referensi
: Bengkel siswa Makasar yang konsultasi ke Auto Champion Training
Center
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion