KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

1 Februari 2017

Cara Menggunakan Compression Tester

Cara Menggunakan Compression Tester

standar tekanan kompresi

Compression tester masuk kategori alat khusus (spesial tool). Fungsinya untuk mengukur besarnya kompresi di ruang bakar atau silinder. Jadi setiap motor ada standar kompresinya, tidak boleh terlalu rendah ataupun terlalu tinggi, harus kompresi ideal. Jika kompresi terlalu rendah motor bisa tidak hidup, adapun jika kompresi terlalu tinggi, bisa terjadi detonasi atau pre ignition dan membuat mesin cepat panas.

Penyebab kompresi lemah adalah adanya kerusakan pada seker/piston, ring seker/piston atau klep/katup atau kebocoran sambungan blog dan perpak. Adapun penyebab kompresi tinggi adalah karena banyaknya kerak di ruang bakar sehingga mempersempit ruang bakar sehingga otomatis kompresi menjadi tinggi. Solusi untuk keduanya adalah servis semi berat atau servis besar, tergantung kerusakanya.

Kapan tes kompresi di perlukan?. Tes kompresi tetap diperlukan untuk antisipasi kerusakan ataupun mengecek kondisi mesin ideal, kalo boleh saya ibaratkan kita perlu juga kan mengetahui tensi atau tekanan darah tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Terlebih kalau motor itu sering digunakan jarak jauh, berbagai pengecekan termasuk cek kompresi dan servis diperlukan.
Cara tes kompresi silinder/ ruang bakar :
  1. Hidupkan mesin selama beberapa menit, sampai pada suhu kerja agar tidak dalam kondisi dingin.
  2. Matikan mesin
  3. Lepas tangki bensin, lepas stik coil, lepas busi, lepas sekalian sekering atau suplay listrik ke pengapian (pent: object training Kawasaki ninja 250 FI) tujuanya suplay bensin dan api di ruang bakar tidak ada.
  4. Setelah lepas busi, pasang alat Compression Tester dan ada dan adaptornya dengan kencang.
  5. Gunakan motor starter, putar/ starter mesin dan buka throttle gas penuh, sampai compression gauge berhenti naik jarumnya, nilai kompresinya adalah nilai tertinggi yang didapat dari bacaan. Standar tekanan kompresi ruang bakar ninja 1.050-1500kPa (10.7-15.3kgf/cm/segi,152-218psi) pada 500 rpm.
  6. Lakukan pengukuran pada silinder satunya (karena 2 silinder)
  7. dan pasang kembali businya.
Demikian gambaran pengukuran menggunakan compression tester atau alat pengukur tekanan ruang bakar/silinder
cara menggunakan compression tester

Referensi :
Manual Kawasaki Ninja 250 FI


Terima kasih



Dadang Auto Champion