Bengkel Motor Jangan Salah Prosedur
Bengkel
Motor Jangan Salah Prosedur
Banyak
tips-tips di internet baik itu berbentuk tulisan dan video seputar
bongkar pasang motor atau perbaikanya. Tips dan trik ataupun ulasan
tersebut jangan serta merta langsung dipraktekkan, karena belum tentu
apa yang di internet itu langsung aplikatif dan sesuai prosedur. Oleh
karena itu netizen, baik dari kalangan pehobi motor, mekanik motor,
terlebih pihak-pihak yang bergelut di bidang pendidikan otomotif
sepeda motor dan yang lainya jangan langsung diambil mentah mentah
tanpa disaring dan diujicobakan terlebih dahulu. Atau sempatkan belajar skill yang benar dan tanyakan yang lebih ahli.
Prosedur
yang baik, aman dan benar dalam bidang perbaikan motor itu menyangkut
keamanan konsumen. Selain itu, jangan sampai setelah motor diservis
justru bisa menimbulkan kerusakan lain karena salah prosedur otomatis
jadi kena biaya servis tambahan lagi, atau perbaikanya tidak
sempurna. Berikut ini contoh bongkar motor tanpa special tools yang
bisa berakibat fatal dan rusak motornya jika viral dan banyak
dipraktekkan.
Contoh kesalahan prosedur dalam melepas baut kopling.
Cara di atas bahaya, menahan baut kopling untuk melepas atau mengencangkan hanya dengan cukilan, momen pengencangan motor tersebut cukup berat, sangat rawan, hub kopling bisa gripil (red Jawa) atau merepih. selain itu dengan melepas baut kopling seperti itu keseimbangan laker as kopling jadi kurang ideal, bisa bisa lakernya ikut kasar suaranya.
adapun cara ini jauh lebih aman karena menahan baut kopling baik saat melepas ataupun mengencangkan menggunakan special tool.
Yang paling parahnya adalah melepas baut kopling dengan dipukul dan dirusak bautnya, dengan penahan kopling ala kadarnya. kalo yang model seperti itu tidak usah dibahas, orang yang awam otomotif saja tahu kalo itu kesalahan prosedur.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion