Bersihkan Sensor O2 Atasi Loyo dan Mogok
Bersihkan Sensor O2 Atasi Loyo dan Mogok
Artikel ini diambil dari Otomotif rubrik ototips edisi 03:XXV 28 Mei -03 Juni 2015. Menarik untuk
diikutkan di jajaran artikel Auto Champion. Karena mengutip pendapat-pendapat
ahli terkait sensor oksigen (O2)
yang dimiliki Honda Vario 125.
Ini dia ………
Menurut Safrudin Kepala
Mekanik Bengkel AHASS Clara Motor, Kebon Jeruk, Jakbar, “Karena odometer sudah tinggi, sensor O2 bisa
ikut kotor, kalau terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok” solusinya
“bersihkan saja, biar pembacaan hasil
pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat”
Begitu pula pernyataan Endro
Sutarno instruktur AHMC. “Maklum saja,
vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung
pada sensor O2 ,
karena tidak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifoldnya”
Ini beberapa advice Safrudin kepala mekanik AHASS
Clara Motor untuk bersihkan O2 sensor
:
- Bersihkan pakai sikat kawat dan ditiup angin.
- Jangan sampai jatuh, karena bisa rusak dan harganya mahal sekitar 305 ribu.
- Alat yang dibutuhkan, obeng plus, sikat kawat, kunci sok 10,12 dan 17.
- Agar bisa melepas sensor O2 dengan mudah, seluruh body belakang dan behel harus ditanggalkan, tentu lepas semua baut yang mengikatnya paki obeng plus dan kunci sok.
- Setelah itu lihat sensor O2 yang ada di sisi kiri cylinder head, lepas kabelnya dengan memutar dan sedikit tarik.
- Ambil sok 17 berikut peganganya untuk melepaskan sensor O2.
- Sikat sampai bersih.
- Pasang kembali seperti semula.
Terima kasih
Dadang Auto Champion