Teknik stel mode/altitude motor Honda
Teknik stel mode/altitude motor Honda
Naskah kiriman Bengkel Wahyu
Motor, sudah saya edit, langsung baca silakan…………………..
Motor
Honda yang sudah berteknologi injection sebagian tidak dilengkapi dengan
Manifold Absolute Pressure (MAP) dan Sensor Intake Air Temperature (IAT),
sehingga motor tersebut kalo diajak untuk jalan di dataran tinggi perlu disetel
mode altitudenya.
Untuk
menyetel altitude pada motor Honda cukup mudah, dengan menjumper kabel pada DLC (Data Link connector) yang berwarna hijau dan
coklat untuk motor matik dan warna hijau dan biru untuk selain matik,
setelah kabel tersebut di jumper putar grip gas posisi penuh, kemudian putar
kunci kontak pada posisi on, tunggu MIL (Malfunction Indikator Lamp) berkedip
dengan cepat, setelah itu tutup grip gas kemudian perhatikan kedipan MIL, jika
berkedip 1x berarti berhasil untuk altitude 1, sedangkan untuk altitude 2,3 dan
4 sama dengan langkah pertama, cuma bedanya pada saat altitude 2, grip yang
ditutup tadi dibuka lagi lalu ditutup lagi kemudian lihat kedipan MIL kalo
berkedip 2x berarti penyetelan berhasil, klo belum berhasil coba ulangi lagi
untuk altitude selanjutnya sama tinggal buka tutup grip gas sesuai dengan
altitude yang diinginkan. Gerakan buka tutup tidak lebih dari 0,5 detik
dan kalo altitude sudah disetel tidak bisa kembali ke 0 tapi kalo di rubah
rubah sesuai keinginan bisa. Untuk altitude 1= 0-2500 mdpl, altitude 2 =2500 –
3500mdpl, altitude 3= 3500-4000mdpl, altitude 4 =4000 ke atas.
Perlu
diketahui bahwasanya motor Honda injection (yang saya tahu Honda beat), kalo
dilepas semua sensornya masih bisa jalan dengan kecepatan antara 40-60km/jam ini
karena di ECUnya terinstal program alogaritma dimana pada saat di jalan terjadi
kerusakan, pada sensornya motor masih bisa jalan pengendara bisa pulang. Dengan
alogaritma suplai BBM dan kecepatan motor diatur oleh program tersebut.
Kembali
ke penyetelan altitude, dengan apa yang saya alami bahwasanya untuk vario
techno 125 dan all new vario 125 kalo sudah disetel altitudenya dengan posisi
yang sama, rasanya beda pada responsifnya, adapun pada vario techno 125, jika
grip gas dihentakkan akan ada jeda sepersekian detik (hampir tak terasa)
setelah itu tenaga langsung dimuntahkan oleh mesin, sedangkan pada all new
vario 125 pada saat grip gas dihentakkan tidak terjadi jeda, tenaga mesin
langsung dimuntahkan.
Detail buka standart penyetelan mode motor injeksi honda
silakan jika ada masukan tambahan bisa lewat amanahilmiah@yahoo.co.id
Terima kasih
Dadang Auto Champion