Motor injeksi macet karena banjir, ayo kita perbaiki!
Solusi motor injeksi macet karena
banjir
Saya dapat telepon dari murid
terkait motor injeksi macet karena kemasukan air, artikel ini bisa bermanfaat
saat motor anda kebanjiran juga. Pembahasan motor karbu kebanjiran sudah banyak
dibahas di internet, kini giliran motor injeksi.
Secara sistem, motor injeksi
sistemnya sangat rapat jadi tidak seperti sistem karbu yang mudah kemasukan air
dan perlu dibongkar sistem karbunya. Adapun sistem motor injeksi ada bagian
yang disebut dengan throttle yang mudah kemasukan air, masuknya air ke throttle
hanya akan masuk ke ruang bakar, tidak masuk ke injector dan sistemnya
karena rapat. Biasanya masuk lewat saringan udara ditrhottle yang kemasukan
air.
Oleh karena itu selama sistem motor injeksi
tidak ada tanda kedipan kerusakan di MIL
(Malfunction Indikator Lamp), maka fokuskan perbaikan pada bagian ini :
1. Jangan
diengkol atau distarter jika kondisi kemasukan airnya karena banjir, karena
kemungkinan air yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah besar, jika diengkol ato
distarter pake elektrik starter akan menyebabkan piston rusak karena menekan
air yang tidak termampatkan dan terkompresikan sehingga pistonya bengkok atau
ada bagian yang jebol. Cukup buka busi, engol gunakan kick starter atau gunakan
elektrik starter agar air yang masuk ruang bakar bisa keluar. Lain halnya jika
kemasukan air karena cuci motor, biasanya air yang masuk ruang bakar sedikit.
Catatan : saat melakukan engkol dengan kick
starter atau elektrik starter kunci kontak jangan di on kan. Ini untuk safety,
karena saat di engkol sistem injeksi tetap mengeluarkan bensin jika kena busi
atau api dari coil kan bisa terbakar.
2. Buka filter
udara dan bersihkan juga, siapa tahu ada sisa air di filter udara yang
terpasang di throttle yang bisa jadi penyebab macet jika tidak dibersihkan.
Demikian tips
dari saya. Jika air di ruang bakar sudah bersih. Silakan coba hidupkan mesin.
3. Knalpot juga perlu dibuka dan bersihkan siapa tahu ada air yang terperangkap, dikhawatirkan akan masuk ke ruang bakar lagi.
4. Satu lagi ada masukan dari murid kami mas Budi dari palu lewat facebook, jika warna oli sudah seperti susu maka sebaiknya ditap olinya dan diganti yang baru. dan untuk saringan udara karena dari kertas, jika sudah basah akan mengurangi kinerja. sekalian ganti saja.
Trima kasih
Dadang Auto champion
3. Knalpot juga perlu dibuka dan bersihkan siapa tahu ada air yang terperangkap, dikhawatirkan akan masuk ke ruang bakar lagi.
4. Satu lagi ada masukan dari murid kami mas Budi dari palu lewat facebook, jika warna oli sudah seperti susu maka sebaiknya ditap olinya dan diganti yang baru. dan untuk saringan udara karena dari kertas, jika sudah basah akan mengurangi kinerja. sekalian ganti saja.
Trima kasih
Dadang Auto champion