Motor Injeksi Brebet, Solusinya?
Motor Injeksi Brebet,
Solusinya?
Pernah membaca di internet,
kebetulan lupa alamat webnya, yaitu tentang kasus kerusakan motor Yamaha vixion
injeksi (terkait performa mesin) yang dilakukan perbaikan komplek sampai
bongkar sistem injeksinya ternyata akhirnya sederhana ,yang rusak cuma businya butuh penggantian.
Adapun
kasus yang satu ini, juga hanya melibatkan perbaikan simple.
Motor Honda supra 125 PGMF-I (motor
injeksi) mengalami gangguan, diantaranya, kondisi stasioner tidak stabil (naik
turun), kemudian putaran tingginya gas tidak bisa los dan brebet.
Solusi
Mengatasi masalah tersebut jangan phobi
( takut) dengan teknologi motor injeksi, akan kita praktekkan pengecekan dan
perbaikan sederhana yang ternyata tidak berususan dengan kerumitan, dan tidak
banyak membutuhkan banyak alat, OK sebenarnya kamu sendiri juga bisa kok do
it your self alias dikerjakan sendiri.
Ayo
kita perbaiki !
1.
Cek ruang bakar dengan melihat kondisi busi, ternyata busi hitam, tanda
pembakaran tidak sempurna, busi juga tidak fokus titik apinya, ganti sekalian.
2.
Filter juga sudah kotor, bersihkan atau ganti jika sudah melebihi kilometer.
Penyebab detonasi dan nglitik karena kerak ruang bakar
3.
Karena terdengan suara detonasi, alias
nglitik juga, ini salah satu tanda ruang bakar kotor dengan sisa pembakaran,
dan otomatis menyebabkan perbandingan kompresinya meningkat. Bongkar saja dan
bersihkan ruang bakar, jangan lupa cek kerapatan klep atau katub dari kebocoran.
Jika sedikit bocor atau merembes sekalipun skur dan pastikan rapat. Kebetulan semua rapat dan hanya butuh
pembersihan.
bersihkan injector dengan injektor cleaner
diatas adalah cara manual, kurang maksimal, agar lebih maksimal dan tuntas, pake Injektor Cleaner dan tester
injektor tester dan cleaner, lebih efektif membersihkan dan ada pengatur frekwensi buka tutup injektor sehingga bisa mengkopyok injektor saat dibersihkan dan semprotan injektornya bisa nampak berbarengan dengan keluarnya kotoran.
diatas adalah cara manual, kurang maksimal, agar lebih maksimal dan tuntas, pake Injektor Cleaner dan tester
injektor tester dan cleaner, lebih efektif membersihkan dan ada pengatur frekwensi buka tutup injektor sehingga bisa mengkopyok injektor saat dibersihkan dan semprotan injektornya bisa nampak berbarengan dengan keluarnya kotoran.
4.
Sebagai ganti bongkar karburator, karena motor ini injeksi, bisa kok buka
sekalian injektornya dan bersihkan aja atau semprot dengan carburetor cleaner atau injector cleaner, nampak sekali
banyak kotoran di injector, ini bisa juga mengganggu kelancaran suplai bensin
karena kotor.
5.
Stel katub in/ex 0.05 ±0.02 (sebagaimana manual motor supra 125R PGM-FI
Setelah dilakukan perbaikan seperti
diatas, semua penykit diatas sembuh, stasioner statbil dan brebet hilang,ini
hasilnya, busi langsung bersih dan kering tanda pembakaran sempurna, dan
kesimpulanya perbaikan tadi termasuk kategori perbaikan sederhana servis semi berat, yang sebenarnya kalian semua
bisa kan setelah belajar?.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion