Pekerjaan yang paling sering di bengkel motor
Pekerjaan yang paling
sering di bengkel motor
Ada beberapa disiplin pekerjaan yang
sering dilakukan oleh mekanik sepeda motor. Hal tersebut juga bisa dijadikan
acuan spare part apa yang hendaknya disiapkan oleh pemilik bengkel
karena hampir mayoritas termasuk fast moving (komponen yang paling
cepat laku)
Diantara
disiplin pekerjaan tersebut adalah :
1.
Bongkar pasang cover body. Ini harus
dikuasai untuk berbagai jenis merek sepeda motor apabila bengkel tersebut
bengkel umum. Namun dengan sering berlatih akan mudah dikenali anatomi
cover body untuk semua jenis motor.
2.
Servis ringan.
3. Mengganti ban dalam dan ban luar. Apabila
bengkel tersebut melayani tambal ban akan sering mendapatkan pekerjaan
tersebut. Apalagi di kota-kota besar yang ada ranjau pakunya yang dipasang oleh
orang yang tidak bertanggung jawab.
4.
Mengganti kampas rem dan kampas tromol.
5.
Mengganti laker roda depan maupun
belakang
6.
Mengganti gear seat beserta rantai
penggerak roda.
7.Mengganti lampu-lampu terlebih
sekarang ada peraturan penyalaan lampu di siang hari.
8.
Mengganti baut baut yang jatuh maupun
hilang.
9.
khusus kelistrikan diantaranya, terkait sistem
elektrik starter, sein dan klakson dll.
10.
Mengganti perpak, karena oli merembes
atau bocor biasanya untuk motor yang sudah berumur 3 tahun ke atas.
11.
Mengganti seal karet perapat mesin. Biasanya
disekitar kick starter, tuas presneleng (pemindah gigi), seal as sekunder gigi
rasio dll.
12.
Mengganti kabel gas, kabel spidometer,
kabel kopling dll untuk motor yang sudah berumur 3 tahun lebih
13.
Menyolder berbagai sistem kelistrikan
untuk motor yang berumur 3 tahun lebih
Demikian
pekerjaan yang harus senantiasa dilatih kecepatanya, kehalusan dan kerapian
pekerjaan agar lebih efisien untuk meningkatkan omset pendapatan bengkel sepeda
motor. Pekerjaan lainya bukanya tidak sering, untuk bengkel yang sudah rame,
sering juga pekerjaan overhaul (turun mesin), servis semi berat
pekerjaan chasis, kelistrikan dll dengan kemampuan semua lini, tapi tinjauan tadi dilihat dari sisi durasi
waktu pekerjaanya yang lebih singkat sehingga frekuensi pekerjaanya otomatis
lebih banyak dan sering, paham kan?.
Pesan khusus dari Auto Champion agar
siswa dan alumni senantiasa bekerja dan terus belajar untuk selalu up to
date dan jangan paranoid terhadap perkembangan teknologi sepeda
motor. Itu dulu ya.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion