KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Centre yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

1. (Brosur kursus mekanik motor klik disini), Foto bengkel alumni klik ini
2. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja(klik), Objek Training(klik)
3. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling) harga promo dan mudah dipesan)
4. Kelas matik sepeda motor(klik disini)
5. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)(klik disini)
6. Kelas malam (Discount dalam rangka CSR)(pelajar/mahasiswa)
7. Testimoni (komentar) tentang kursus(klik disini)
8. Transportasi menuju Jogja(klik disini)
9. Foto bengkel alumni (klik disini) dan daftar alumni yang sudah buka bengkel dan bekerja(klik disini)
10. Belajar mekanik motor melalui DVD dan VCD(klik disini)
11. Cuplikan belajar (video)(klik disini)
12. Franchise (konfirmasi)
13. Pesan singkat/komentar
14. Bursa Kerja Auto Champion
15. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda (klik) dan Motor yamaha (klik)
16. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia (klik)

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :
1. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur 2013. (klik)
2. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009

3. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
4. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
5. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
6. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009
7. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
8. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
9. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
10. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
11. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
12. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja)
13. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
14. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Dukung Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!. sebar ilmu bermanfaat! klik disini dan like it!

Terakhir, Jadilah anda termasuk Penyebar ilmu bermanfaat dimanapun anda berada!, dengan memasang link ini di web atau blog anda, atau menyebarkanya dengan cara apapun. www.auto-champion.com atau www.auto-champion.blogspot.com, tahu kan manfaat menyebarkan ilmu yang bermanfaat?

wassalamualaikum


Official dan direktur auto champion

( Dadang )

Merubah platina menjadi CDI

Merubah Patina menjadi CDI

Pengapian sistem platina merupakan pengapian konvensional. Terkadang karena tidak mau repot melakukan penyetelan, alasan sparepart dan lain sebagainya, penggemar motor kuno melakukan perombakan dari sistem pengapian platina menjadi sistem pengapian CDI (capasitor Discharge Injection).
Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan :
1. Pahami tipe pengapian platina tersebut termasuk tipe AC ataupun Tipe DC
2. Untuk sistem pengapian platina AC maka gunakan CDI AC, begitu pula untuk mengapian DC, maka gunakan CDI DC, walaupun bisa ditukar dalam hal aplikasinya dengan berbagai penyesuaian.
3. Pastikan kriteria tahanan spul yang masuk baik itu spul CDI (source coil), panjang trigger dan tahanan pulser sesuai degan yang dibutuhkan oleh CDI yang akan diaplikasikan.
4. Pahami jarak antara trigger dan pulser antara 0,5mm-0,6mm. jangan terlalu jauh atau nempel, apabila terlalu jauh maka sinyal yang dihasilkan ke SCR (silicon control rectifier) kurang signifikan, apabila terlalu dekat justru akan merusak trigger maupun pulser karena bergesekan.
5. Triger bisa dibuat sendiri dengan dilas atau menempelkan plat yang dipotong disesuaikan dengan panjang bawaan kebutuhan CDI yang diaplikasikan. (pedoman pemasangan lihat gambar)


6. Pahami saat terjadinya pengapian platina maupun CDI, Pada platina terjadi saat platina membuka dan terjadi saat tanda F, saat itulah busi memercikkan api, adapun pada CDI saat busi memercikkan api terjadi saat ujung trigger bagian belakang bertemu dengan pulser dan terjadi pada saat tanda F juga.( khusus yang ini masih bersifat perkiraan dan pendekatan tapi bisa dijadikan acuan dan diakali dengan sistem pulser geser untuk mendapatkan F yang tepat)

            Sebelum mengaplikasikan hal-hal diatas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Pahami dulu sistem kerja platina maupun CDI, nama dan fungsi masing masing komponen.
2. Ukur tahanan Source coil (spul CDI) yang akan diaplikasikan misalkan pake CDI Honda grand, source coi (spul CDI) harus sesuai standar grand dan spul lama yang masih sistem platina disesuaikan dan dispul ulang sesuai standar spul CDI Honda grand, bisa menggunakan kawat email ukuran 0,12-0,15 mm kalo belum bisa bawa ke tukang spul saja tahu beres. Adapun pulser bisa langsung dipasang dengan disesuaikan saat pengapian.
3. Membuat Trigger bisa dilas atau memotong plat besi kemudian dilem besi di magnet atau dibuatkan dudukan terlebih dahulu di as poros pembuka platina dan disesuaikan panjangnya trigger pada motor sesuai CDI yang akan diaplikasikan. (pent: model pemasangan platina ada yang dipasang di silinder head contoh CB 100 dan Honda GL 100, ada juga model platina yang dipasang di blok magnet contoh: Honda super cup, dan Honda 70, aplikasi trigger dan pulser juga disekitar situ)
4. Ada alat agar akurat penyetelan saat pengapianya yaitu dengan timing light, tapi jika paham sistem kerja dan bisa kerja dengan presisi, tanpa alat itupun bisa.

Berikut ini beberapa masalah yang harus diperhatikan saya ambil dari buku berjudul “Menjadi mekanik spesialis kelistrikan” karangan Muji Setiyo S.T hal 112-113 :
1. Kesalahan modifikasi alternator untuk source coil pengisi CDI berakibat pada kinerja source coil lampu penerangan dan source coil pengisian batere sehingga perlu ketepatan pemotongan email dan penyambungan instalasinya.
2. Beberapa jenis CDI DC tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa batere.
3. Koil pengapian untuk sistem pengapian CD memiliki spesifikasi yang berbeda dengan coil pengapian untuk sistem platina. Meskipun pada praktiknya dapat digunakan tetapi hasilnya akan lebih optimal jika koil pengapian merupakan bagian yang diikutsertakan.
4. CDI tanpa pulser tidak cocok dipasang pada mesin empat tak, terlebih jika magnet flywheel dengan enam keping. Hal ini akan menyebabkan detonasi dan pre ignition.
5. Jika saat pengapian tidak tepat, geserlah nok atau dudukan pulser sejauh eror yang terbaca
6. Tendangan balik pedal kick starter ketika ditekan menunjukkan saat pengapian terlalu awal.
7. Putaran mesin meletup-letup pada putaran tinggi atau mesin mati saat throttle dibuka/aselerasi menunjukkan bahwa saat pengapian yang terlalu mundur.

           Itu keterangan yang bisa saya berikan dengan berbagai pendekatan, seandainya belum akurat, setidaknya sudah mendekati presisi dan bisa diakali dengan model pulser geser untuk menemukan saat pengapian yang paling pas dan berbagai penyesuaian. Disamping itu, terkadang motor lama dan klasik banyak komprominya. Pendekatan yang paling baik adalah praktek dan praktek, karena praktek adalah seribu gambar dan seribu kata, selamat mencoba. Jika ada sharing, kritik dan masukan bisa kita kita saling diskusikan lewat email saya Dadang, amanahilmia@yahoo.co.id. itu akan berguna bagi saya dan siswa.

Terima kasih 

Dadang Auto Champion