Deteksi kebocoran oli pada sepeda motor
Oli bocor apabila tidak sering di cek akan berbahaya bagi keawetan mesin dan gesekan antar komponen mesin lebih cepat. Penting untuk diketahui penyebab oli cepat habis, baik itu disebabkan oleh internal leakage (kebocoran dalam) ataupun external leakage (kebocoran luar).
Internal leakage yaitu kebocoran yang terjadi di dalam mesin, seperti kebocoran oli karena terbakar diruang bakar (bisa disebabkan ring oli dan seker sudah rusak atau karena kebocoran sil klep)
Adapun external leakage, oli bocor keluar dan biasanya mudah dideteksi karena langsung menetes.Berikut ini akan saya tunjukkan bagian yang memungkinkan terjadinya external leakage pada sepeda motor Honda astrea prima:
Dari kiri ke kanan Gambar 1 (sil kik starter), gambar 2 seal tuas presneleng, gambar 3 seal as sekunder rasio
Dari kiri ke kanan gambar 3 (seal o ring), gambar 4 (selal baut penutup rante kamprat) gambar 5 (seal krus as)
Gambar 7 (gambar seal gear starter bersar)
1. Kebocoran seal kik starter (gambar 1)
2. Kebocoran tap oli bawah (terpahami)
3. Kebocoran seal tuas presneleng (gambar 2)
4. Kebocoran seal as sekunder rasio (gambar 3)
5. Kebocoran seal o ring (gamba)r 4)
6. Kebocoran seal baut penutup kamprat belakang (gambar 3)
7. Kebocoran seal as kruk as (gambar 6)
8. Kebocoran seal gear starter besar (gambar 7)
9. Kebocoran seal penutup katub (terpahami)
10. Kebocoran antar sambungkan perpak mesin (terpahami)
11. Dan bagian lainnya yang memungkinkan menyebabkan oli menetes.
Dengan memahami bagian-bagian yang memungkinkan bocor kita akan lebih mudah melakukan perbaikan dan pengecekan kebocoran oli agar mesin lebih awet.
Terima kasih
Dadang Auto Champion
Posting Komentar untuk "Deteksi kebocoran oli pada sepeda motor"