Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Masalah karbu yamaha mio






Masalah Karbu Yamaha Mio
Sepeda motor mioku mengalami masalah pada performa mesinya. Gejala-gejala yang sering muncul yaitu ketika digunakan naik tidak kuat, dan pada keadaan tertentu tiba-tiba mesin drop, bahkan ketika putaran rendah digas besar bisa mati total. Terkadang mesin pada putaran tinggi tiba-tiba seperti kekurangan bensin. Tapi kadang pada putaran putaran tertentu seperti normal tapi dengan segera cepat kembali bermasalah seperti semula seperti bensin tidak ngisi ke karbu.
Analisa.
Dari gejala-gejalanya bisa di duga masalahnya di pasokan bensin. Tapi semua itu harus dibuktikan. Hal termudah kita cek kondisi busi. Dari hasil bacaan hasil pembakaran dibusi terlihat bahwa masalahnya bukan pada campuran bensinya. Namun pasokannya yang kurang lancar.
Ada beberapa komponen yang perlu dicek pada kondisi seperti ini :
  1. Klep vakum bensin (perlu diketahui bahwa mio menggunakan klep vakum) jika bermasalah akan menyebabkan masalah semisal berdasarkan pengalaman
  2. Jarum pelampung bensi juga bisa dicurigai
  3. Membran skep vakum karbu
  4. Spuyer karburator yang sering kotor
  5. Dan berbagai kemungkinan yang lain
Hmm langsung saja sebenarnya ini analisa yang membutuhkan dana, tapi anda bisa langsung mengetahuinya langsung saja ilmu saya bagikan.
Sebelum saya menemukan masalah saya lakukan beberapa treatment :
1. Saya lakukan penyetelan awal di 4 alokasi diatas tapi hasilnya gak ada perubahan
2. Mengganti klep vakum bensin yang memang sudah mulai rusak (seperti yang saya katakana tadi memungkinkan sebegai penyababnya). Perlu dicatat juga harganya 73 ribu (orsi) namun hasilnya masih nihil
3. Akhirnya dengan insting dan pengalaman yang saya miliki, kecurigaan mengarah kepada membrane skep vakum karbu. Dan langsung saya ganti dengan komponen orsi harga 123ribu dan dicoba ternyata masalah tersebut hilang semua tuntas.




keterangan gambar : skep vakum karbu mio
-->
Tahap perbaikannya mudah, cukup kunci T 10, dan obeng plus, kemudian buka jok dengan kunci T10 dan tebeng depan dengan obeng plus, ketika karbunya kelihatan langsung buka pake obeng plus tanpa melepas karbu dan ganti skep vakum karbu tadi.
tambahan :
pastikan jarum skep terpasang dengan baik dan tidak goyang2, karena termasuk penyebab utama kerusakan seperti diatas. 

Terima kasih

Dadang auto champion



Anda Bisa Klik Subcribe Channel Kami Di Atas Untuk Update Video Tips Trik Terapan