Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Ciri-Ciri MAQS Mio J Error

 Ciri-Ciri MAQS Mio J Error

Problem

Keluhan yang disampaikan pemilik motor adalah motor mogok, kalau hidup, dipake jalan ga bisa lari. Kalau digas malah serasa mundur/ada yg nggondeli.

Solusi

Data pada speedometer lampu Mill menyala 13 kedipan. Ini artinya ada yg bermasalah disensor MAQS bagian IAPS. Karena sensor MAQS terdiri dr 3 bagian, TPS,IATS dan IAPS.

Langkah 2 trouble shooting dan perbaikan:

  1. Sebelum memvonis penggantian sensor MAQS maka kita pastikan dulu adakah penyebab lain dari keluhan dengan service meliputi pembersihan TB dan sensor MAQS, ISC, cek tekanan fuelpump, cek busi dan cop busi.

  2. Cek jalur kabel/kontinuitas dari sensor MAQS ke ECU dengan AVO

  3. Cek sudahkah arus masuk dari ECU ke sensor MAQS sebesar kurang lebih 5 volt


Setelah dilakukan point point di atas, ternyata motor masih ga mau lari dan masih timbul Mill Maka mekanik putuskan untuk mengganti sensor MAQS. Sensor MAQS yang asli dijual 1 set TB dengan harga 735 rb. Tapi yang punya motor minta dicarikan yg kw aja. Di toko ada variasi merk dan harga, ada yang 90an ribu, 192ribu. Mekanik beli yang 192 ribu karena yang 90an ribu scr visual fisiknya tdk meyakinkan, cetakan/moldingnya kurang bagus. Setelah diganti dengan sensor MAQS yang baru, Alhamdulillah motor sudah normal. Distarter mudah, stasioner bagus dan mesin digas sudah bisa teriak/tdk mblebeg. Kedipan 13 di speedometer juga sudah hilang.Langkah berikutnya adalah reset ECU dengan scanner untuk menghapus history error


Berikut ini bisa kita simpulkan ciri 2 sensor MAQS minta ganti:

  1. Timbul kedipan Mill 13 atau 14 atau 15 Krn Sensor MAQS terdiri 3 bagian sensor. Masing2 sensor punya kedipan berbeda jg slh satu ada yg rusak.

  2. Motor mogok/susah nyala

  3. Stasioner Matian

  4. Digas mesin tidak bisa teriak/mblebeg

  5. Jika bisa jalan, tambah gas bukannya tambah kenceng tapi malah serasa mundur.

  6. Jika dibaca discann, dalam kasus ini sensor IAPS yg rusak, tekanan yg dibaca sblm motor nyala seebesar 126 kpa. Padahal seharusnya sebelum motor nyala tekanan dalam TB sama dengan tekanan atmosfer/lingkungan sbsr 100kpa. Ini sudah bisa dibaca kl sensor error'.

Biaya perbaikan:

Sensor MAQS : 192rb

Servis/jasa : 50rb

Total 242rb


Referensi

Kasus bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion Training Centre dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion.


Terima kasih


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Injeksi Terapan di Jogja

Posting Komentar untuk " Ciri-Ciri MAQS Mio J Error"