Vixion Old Aki Cepat Tekor dan Brebet Digas Penuh
Vixion
Old Aki Cepat Tekor dan Brebet Digas Penuh
Problem
“Siang
pak Dadang ada konsumen bawa motor vixion old. Katanya
sudah diperbaiki di bengkel masih belum sembuh. Problemnya aki cepat
tekor, kemudian kalo lampu dinyalakan mesin langsung mati. Ternyata
kelebihan pengisian atau overcharging. Kemudian saya (mekanik) ganti
spul dan kiprok pengisiannya sudah normal. Yang saya tanyakan motor
kalo digas penuh brebet. Saya cek tekanan pompa normal, injektor dan
thottle body sudah saya bersihkan, tapi kenapa kok digas
penuh masih brebet. Adapun jika digas setengah (kecepatan sedang)
tidak masalah, pencerahannya pak.” (konsultasi dari bengkel
injeksi NTT dikutip dengan editan)
Solusi
Mekanik
(mas Ali) sempat konsultasi Saya, Dadang Auto Champion Training
Centre dan melakukan beberapa usaha diantaranya, bersihkan injektor
dan throttle body. Selain itu cek busi masih bagus. Tukar menukar
pompa dan tangkinya sekaligus. Bahkan saking bingungnya sekalian
tukar atau ganti sementara throttle body, ECU, Coil dan Pompa Injeksi
dengan motor normal, kok masih mbrebet. Padahal intinya sudah dioplos
pakai motor normal tapi hasil tetap tidak berubah.
Saya
hanya katakan, terus saya pantau sampai bisa!, maklum jarak jauh by
whatsapp….
Perlu
diketahui, pemilik motor sudah ke berbagai bengkel di kabupaten itu
dan tidak sembuh, malah sempat ganti piston/seker dan ECU juga. Yang
perlu dicermati juga, pada saat mekanik menukar throttle body, ECU,
Coil dan Pompa Injeksi, harusnya sudah beres dan normal, tapi karena
sudah kecapekan, cop busi kurang mapan sehingga brebet belum sembuh.
Justru karena itu langkah berikutnya, malah cek koilnya, ternyata
memang koilnya tahanannya sudah tidak normal. Akhirnnya sekalian
ganti koilnya. Dan masalah beres. Intinya di bengkel Injeksi Mas Ali
NTT ini, motor diganti 3 part, yaitu spull yang terbakar, kiprok dan
koil, sehingga motor normal dan tepat sasaran.
Penting
untuk diketahui :
-
Tukar menukar sparepart dengan motor normal sebenarnya bisa dihindari jika pekerjaan dan prosedur benar dan efektif. Tapi maklum terkadang mekanik bengkel bagian dari pembelajaran harus melakukannya karena keterbatasan ilmu dan alat.
-
Bagian yang sekilas sepele yaitu memastikan dan mengecek pengapian, diantaranya mengukur koil pengapian saat motor brebet malah terlewatkan.
-
Kerja mekanik harus kondisi fresh dan fit agar terhindar dari pekerjaan error. Seperti yang dirasakan mekanik injeksi (mas Ali), ujarnya “Iya pak, capek, lelah kurang fokus. Soalnya sudah 2 hari cuma kerja motor itu, soalnya sudha diburu buru sama pemiliknya. Orangnya tidak mau sabar. Kata pemiliknya : “katanya spesialis injeksi kok ga jadi jadi toh mas, gitu, akhirnya saya mencari trus penyakitnya sampai dapat.”.
-
Pembaca tinggal dapat matengnya dari pengalaman dan kesalahan mekanik sampai ketemu problemnya. Sehingga lebih mudah ambil pengalamanya dari tulisan Dadang, pemilik dan instruktur Auto Champion Training Centre.
Referensi
Kasus
Bengkel
motor injeksi NTT
yang
konsultasi
ke Auto
Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta