Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Vixion Old Aki Cepat Tekor dan Brebet Digas Penuh


Vixion Old Aki Cepat Tekor dan Brebet Digas Penuh

Problem
Siang pak Dadang ada konsumen bawa motor vixion old. Katanya sudah diperbaiki di bengkel masih belum sembuh. Problemnya aki cepat tekor, kemudian kalo lampu dinyalakan mesin langsung mati. Ternyata kelebihan pengisian atau overcharging. Kemudian saya (mekanik) ganti spul dan kiprok pengisiannya sudah normal. Yang saya tanyakan motor kalo digas penuh brebet. Saya cek tekanan pompa normal, injektor dan thottle body sudah saya bersihkan, tapi kenapa kok digas penuh masih brebet. Adapun jika digas setengah (kecepatan sedang) tidak masalah, pencerahannya pak.” (konsultasi dari bengkel injeksi NTT dikutip dengan editan)
Solusi
Mekanik (mas Ali) sempat konsultasi Saya, Dadang Auto Champion Training Centre dan melakukan beberapa usaha diantaranya, bersihkan injektor dan throttle body. Selain itu cek busi masih bagus. Tukar menukar pompa dan tangkinya sekaligus. Bahkan saking bingungnya sekalian tukar atau ganti sementara throttle body, ECU, Coil dan Pompa Injeksi dengan motor normal, kok masih mbrebet. Padahal intinya sudah dioplos pakai motor normal tapi hasil tetap tidak berubah.
Saya hanya katakan, terus saya pantau sampai bisa!, maklum jarak jauh by whatsapp….
Perlu diketahui, pemilik motor sudah ke berbagai bengkel di kabupaten itu dan tidak sembuh, malah sempat ganti piston/seker dan ECU juga. Yang perlu dicermati juga, pada saat mekanik menukar throttle body, ECU, Coil dan Pompa Injeksi, harusnya sudah beres dan normal, tapi karena sudah kecapekan, cop busi kurang mapan sehingga brebet belum sembuh. Justru karena itu langkah berikutnya, malah cek koilnya, ternyata memang koilnya tahanannya sudah tidak normal. Akhirnnya sekalian ganti koilnya. Dan masalah beres. Intinya di bengkel Injeksi Mas Ali NTT ini, motor diganti 3 part, yaitu spull yang terbakar, kiprok dan koil, sehingga motor normal dan tepat sasaran.
ganti part vixion old

Penting untuk diketahui :
  1. Tukar menukar sparepart dengan motor normal sebenarnya bisa dihindari jika pekerjaan dan prosedur benar dan efektif. Tapi maklum terkadang mekanik bengkel bagian dari pembelajaran harus melakukannya karena keterbatasan ilmu dan alat.
  2. Bagian yang sekilas sepele yaitu memastikan dan mengecek pengapian, diantaranya mengukur koil pengapian saat motor brebet malah terlewatkan.
  3. Kerja mekanik harus kondisi fresh dan fit agar terhindar dari pekerjaan error. Seperti yang dirasakan mekanik injeksi (mas Ali), ujarnya Iya pak, capek, lelah kurang fokus. Soalnya sudah 2 hari cuma kerja motor itu, soalnya sudha diburu buru sama pemiliknya. Orangnya tidak mau sabar. Kata pemiliknya : “katanya spesialis injeksi kok ga jadi jadi toh mas, gitu, akhirnya saya mencari trus penyakitnya sampai dapat.”.
  4. Pembaca tinggal dapat matengnya dari pengalaman dan kesalahan mekanik sampai ketemu problemnya. Sehingga lebih mudah ambil pengalamanya dari tulisan Dadang, pemilik dan instruktur Auto Champion Training Centre.
Referensi
Kasus Bengkel motor injeksi NTT yang konsultasi ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta