Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Vario 150 Injeksi Brebet Rpm 4000


Vario 150 Injeksi Brebet Rpm 4000

Problem
Bengkel motor injeksi Blora Jawa tengah konsultasi ke Dadang (Auto Champion Training Centre) terkait motor injeksi Honda Vario 150 yang brebet, tapi hanya di putaran sekitar 4000 rpm, adapun stasioner dan putaran lainnya normal.
Solusi
Bengkel injeksi tersebut sudah beli alat dari kita HIDS Honda di Auto Champion, saat mekanik melakukan scann dengan HIDS tidak muncul kode kerusakan. Tapi saat membaca parameter data scannya, terbaca untuk suhu ECT tidak normal, yaitu 216 derajat, padahal normal suhu kerja harusnya minim 80 derajat adapun maksimalnya saya kurang hapal. Adapun 216 derajat tersebut piston/seker sudah macet kalo normal sensornya (kasus ini jelas tidak normal sensor ECTnya). Jadi tersangkanya hanya satu yaitu sensor ECTnya harus ganti agar motor bisa normal. Uniknya selesai kasusnya bukan karena ganti sensor ECT, tapi hanya bersihkan sensor udara masuk dan ganti cop busi yang orisinil (tahanyan 4 k ohm), adapun busi awal tanpa resistensi. Masalah beres. 

Keterangan tambahan :
Sensor EOT (Engine Oil Temperatur untuk motor berpendingin udara), adapun sensor ECT untuk motor berpendingin Air.

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah Blora yang konsultasi ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta