Vario 150 Injeksi Brebet Rpm 4000
Vario
150 Injeksi Brebet Rpm 4000
Problem
Bengkel
motor injeksi Blora Jawa tengah konsultasi ke Dadang (Auto Champion
Training Centre) terkait motor injeksi Honda Vario 150 yang brebet,
tapi hanya di putaran sekitar 4000 rpm, adapun stasioner dan putaran
lainnya normal.
Solusi
Bengkel
injeksi tersebut sudah beli alat dari kita HIDS Honda di Auto
Champion, saat mekanik melakukan scann dengan HIDS tidak muncul kode
kerusakan. Tapi saat membaca parameter data scannya, terbaca untuk
suhu ECT tidak normal, yaitu 216 derajat, padahal normal suhu kerja
harusnya minim 80 derajat adapun maksimalnya saya kurang hapal.
Adapun 216 derajat tersebut piston/seker sudah macet kalo normal
sensornya (kasus ini jelas tidak normal sensor ECTnya). Jadi
tersangkanya hanya satu yaitu sensor ECTnya harus ganti agar motor
bisa normal. Uniknya
selesai kasusnya bukan karena ganti sensor ECT, tapi hanya bersihkan
sensor udara masuk dan ganti cop busi yang orisinil (tahanyan 4 k
ohm), adapun busi awal tanpa resistensi. Masalah beres.
Keterangan tambahan :
Sensor
EOT (Engine Oil Temperatur untuk motor berpendingin udara), adapun
sensor ECT untuk motor berpendingin Air.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah Blora yang konsultasi ke Auto Champion, dan
sudah discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta