Kurangnya Fasilitas Bukan Hambatan Raih Kepercayaan Konsumen
Kurangnya
Fasilitas Bukan Hambatan Raih Kepercayaan Konsumen
sumber ilustrasi gambar liputan6.com
Kepercayaan
konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan usaha. Untuk
mendapatkan kepercayaan konsumen banyak hal dilakukan, mulai dari
fasilitas, standar pelayanan, mutu produk dan lain sebagainya. Adapun
yang saya soroti adalah bagaimana perjuangan bisnis kecil (bengkel
ban kecil) dengan fasilitas yang minimalis bisa mendapatkan
kepercayaan konsumen yang lebih, daripada bengkel
besar dengan fasilitas serba canggih dan istimewa. Dalam hal ini saya
buktikan sebagai konsumenya adalah saya sendiri. Saat itu saya
mau cek ban dan mengganti ban mobil saya (saya biasa di bengkel
besar), tapi bapak saya merekomendasikan ke bengkel ban langganan
bapak saya tersebut. Ternyata sebuah bengkel ban kecil, fasilitas
minim, pembuka ban masih manual tertata baik dan aman, belum
elektrik, tapi pelayanan bagus dan hasil pekerjaan bagus.
Ini
perbandinganya :
Di
bengkel ban yang besar :
-
Pelayanan ramah dan humanis
-
Ganti ban langsung ganti, kasih tekanan udara dan cek nilai tekanan, dan pasang
-
Tambal ban tubless, kemudian cek area hasil tambalan dari kebocoran, setelah beres pasang.
Di
bengkel ban kecil pinggir jalan langganan bapak saya.
Relatif
sama dengan pelayanan di atas, tapi ada pelayanan tambahan penting
dan istimewa diantaranya :
Pekerjaan
ganti ban, ada pelayanan istimewa include di dalamnya :
-
Bersihkan pelek (kebersihan pelek ini akan menjadikan ban tubless lebih rapat karena tidak ada kotoran di dalamnya)
-
Kasih vaselin di pinggir pelek ban agar kotoran tak mudah masuk, tapi terperangkap vaselin di pelek, dan angin di ban awet tidak mudah bocor.
-
Amplas pelek dalam ban jika peleknya bekas cat atau ada yang kurang halus. Itu juga akan menyebabkan angin cepat hilang dan sering mompa kalo tidak diamplas karena kurang rapat.
………..cukup
sampai situ? Belum!
Masih
ada lagi yaitu memastikan ban setelah dipasang atau setelah ditambal
dengan dipastikan ada bocor atau rembesan tidak, jika masih ada bocor
dicek lagi, atau jika masih ada rembesan, pinggir ban dipukuli dengan
palu dan kayu agar mapan dan rapat, setelah yakin rapat tidak ada
kebocoran dan rembesan, baru dipasang. Jujur baru kali ini saya
mendapatkan pelayanan seperti itu. Cara detail cek rembesannya luar
biasa, kesanya tidak mau lepas dan teliti dengan rembesan kecil dan
halus sekalipun.
Dan
hasilnya, saya sendiri sebagai konsumen memilih bengkel kecil pinggir
jalan dengan pelayanan bagus dan pekerjaan bagus rekomendasi bapak
saya. Saya sebagai konsumen merasa puas. Ini bukti, keterbatasan
bukan halangan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta