Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kurangnya Fasilitas Bukan Hambatan Raih Kepercayaan Konsumen


Kurangnya Fasilitas Bukan Hambatan Raih Kepercayaan Konsumen
sumber ilustrasi gambar liputan6.com

Kepercayaan konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan usaha. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen banyak hal dilakukan, mulai dari fasilitas, standar pelayanan, mutu produk dan lain sebagainya. Adapun yang saya soroti adalah bagaimana perjuangan bisnis kecil (bengkel ban kecil) dengan fasilitas yang minimalis bisa mendapatkan kepercayaan konsumen yang lebih, daripada bengkel besar dengan fasilitas serba canggih dan istimewa. Dalam hal ini saya buktikan sebagai konsumenya adalah saya sendiri. Saat itu saya mau cek ban dan mengganti ban mobil saya (saya biasa di bengkel besar), tapi bapak saya merekomendasikan ke bengkel ban langganan bapak saya tersebut. Ternyata sebuah bengkel ban kecil, fasilitas minim, pembuka ban masih manual tertata baik dan aman, belum elektrik, tapi pelayanan bagus dan hasil pekerjaan bagus.
Ini perbandinganya :
Di bengkel ban yang besar :
  1. Pelayanan ramah dan humanis
  2. Ganti ban langsung ganti, kasih tekanan udara dan cek nilai tekanan, dan pasang
  3. Tambal ban tubless, kemudian cek area hasil tambalan dari kebocoran, setelah beres pasang.
Di bengkel ban kecil pinggir jalan langganan bapak saya.
Relatif sama dengan pelayanan di atas, tapi ada pelayanan tambahan penting dan istimewa diantaranya :
Pekerjaan ganti ban, ada pelayanan istimewa include di dalamnya :
  1. Bersihkan pelek (kebersihan pelek ini akan menjadikan ban tubless lebih rapat karena tidak ada kotoran di dalamnya)
  2. Kasih vaselin di pinggir pelek ban agar kotoran tak mudah masuk, tapi terperangkap vaselin di pelek, dan angin di ban awet tidak mudah bocor.
  3. Amplas pelek dalam ban jika peleknya bekas cat atau ada yang kurang halus. Itu juga akan menyebabkan angin cepat hilang dan sering mompa kalo tidak diamplas karena kurang rapat.
………..cukup sampai situ? Belum!
Masih ada lagi yaitu memastikan ban setelah dipasang atau setelah ditambal dengan dipastikan ada bocor atau rembesan tidak, jika masih ada bocor dicek lagi, atau jika masih ada rembesan, pinggir ban dipukuli dengan palu dan kayu agar mapan dan rapat, setelah yakin rapat tidak ada kebocoran dan rembesan, baru dipasang. Jujur baru kali ini saya mendapatkan pelayanan seperti itu. Cara detail cek rembesannya luar biasa, kesanya tidak mau lepas dan teliti dengan rembesan kecil dan halus sekalipun.
Dan hasilnya, saya sendiri sebagai konsumen memilih bengkel kecil pinggir jalan dengan pelayanan bagus dan pekerjaan bagus rekomendasi bapak saya. Saya sebagai konsumen merasa puas. Ini bukti, keterbatasan bukan halangan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta