Yamaha Mio J Tidak Hidup
Yamaha Mio j Tidak Hidup
Problem
Awalnya
motor rusak sensor TPS/IATS/IAPSnya, 3 sensor jadi 1, tapi setelah
dipasang dan diganti baru, masih tidak mau hidup. Pompa injeksinya
diam tidak bunyi. Harus dicari sebabnya kenapa penyakit jadi
bertambah. Adapun hasil scanning tidak didapati ada masalah sensor
yang menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan.
Solusi
Langkah
pertama pengecekan pada sistem pompa injeksi. Didapati kabel arusnya
bagus, terbukti saat kunci kontak on dan ditestlamp dengan massa mau
nyala. Tapi saat di gabungkan arus positif dan negatifnya dengan
copnya langsung, tidak mau nyala, berarti ada masalah di rute
kabelnya juga. Pengecekan pompanya secara terpisah juga tidak nyala.
Lengkap sudah. Itu artinya pompa injeksi, rute kabelnya, dan ECU
bermasalah. (ditunggu gambar detailnya kalo belum jelas)
Selanjutnya
ada beberapa opsi terkait pompa, pertama ganti pompa full assy 500an
ribu, ke-dua ganti pompa injeksi KW 200an ribu, ke-tiga ganti IC
pompa injeksi KW 60ribu (karena dari pengecekan pompanya bagus tapi
ICnya saja yang problem). Karena kocek terbatas akhirnya pilih opsi
ganti ganti IC KW 60ribu karena orisinilnya harus fullassy (komplit
full set) pompa injeksi. Satu masalah beres.
Masalah
selanjutnya adanya masa terputus di sistem kelistrikan pompa injeksi.
Gambaran gampangnya, sistem pompa yaitu, Aki
positif--->sekering--->kunci
kontak---> pompa injeksi--->ECU/Masa
(dari sistem ECU itu rangkaian pompa mendapatkan masa). Karena
masa di ECU tidak bisa terkoneksi otomatis, akhirnya masa dilangsung
ke body. Namun efeknya pompa hidup terus saat dikunci kontak ON
(padahal kinerja aslinya adalah pompa nyala sebentar, kemudian saat
tekanan sudah ideal pompa injeksi diam), itu solusi karena konsumen
tidak kuat Beli ECU yang sekitar 600 ribu, jadi diakali.
Pekerjaan
perbaikan motor injeksi ini tidak hanya sampai di sini. Harus dicari
apa penyebab pompa rusak dan ada masalah di ECU. Ada dua analisa
sederhana, yaitu terjadi konsleting atau over charge atau kelebihan
arus pengisian. Hasil pengecekan, disinyalir bukan konslet, tapi
karena ada kemungkinan tidak idealnya saluran pengisian karena
setelah dicek ternyata kiproknya bukan orisinil, tidak perlu saya
sebutkan mereknya tapi dikenal tidak bagus karena tidak asli.
Setelah
ganti sensor, kemudian ganti IC pompa dan ganti Kiprok yang orisinil,
kemudian dijamper langsung masa pompanya, motor bisa hidup dan bisa
jalan normal. Namun menyisakan catatan, yaitu saat kunci kontak ON
harus langsung hidup motornya atau langsung jalan, karena apabila
hanya dikunci kontak pompa akan hidup terus dan bisa berakibat aki
cepat drop juga salah satu efeknya. Setidaknya solusi sementara bagi
yang koceknya sedang bermasalah menurut saya, yang penting tetap bisa
jalan normal dan beraktifitas.
Idealnya
ganti pompa injeksi full set, ganti Kiprok, ganti ECU ganti 3 sensor
jadi 1 (TPS,IATS,IAPS) yang orisinil. Tapi cara tadi cara diakali
yang semoga bisa bermanfaat dikala darurat dan butuh penghematan
anggaran.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta