Honda Beat esp Injeksi/Injection Macet
Honda
Beat esp Injeksi/Injection
Macet
Problem
Pagi-pagi
baru
buka, pelanggan
panik dengan
motor Honda
bBat
esp-nya (yg sistem staternya pake ACG ga pake dinamo stater) gak
bisa
distart, baik pake tombol start atau pakai kick starter, padahal aki
dlm kondisi sangat bagus soalnya sama
pelanggan
diganti baru
sebelum dibawa
ke bengkel.
Solusi
Setelah
saya
(Mekanik
Motor Injeksi, Wahyudi Sidoarjo)
cek ternyata lampu MIL (Malfunction
Indicator Lamp) atau lampu tanda kerusakan sistem injeksi
menyala dan berkedip. Langsung
saja
saya
periksa pake scanner Honda
dan ternyata terdeteksi sensor CKP yang
bemasalah. Pernah dulu kejadian dengan
trouble dan motor yg sama hanya
bedanya Honda
Beat
yang
dulu
sisitem starternya
belum
menggunakan ACG, masih pakai DINAMO STARTER. Jadi
meskipun terdeteksi sensor CKP bermasalah tetap bisa
di starter pake tombol starter tapi
ga mau hidup. Kalo
yang
pakai sistem starter ACG sistem startenya terkoneksi dgn ECU, jadi
pas sensor CKP bermasalah sistem starter gak
akan bekerja.
Sebelum memvonis sensor CKPnya yang
rusak saya
coba telusuri kabel CKPnya dulu,
eh ternyata benar kabelnya putus karena bergesekan dengan
body mesin. Posisi kabelnya ada di bawah throutlebody.
Memang asal mulanya hanya kelihatan
isolator kabelnya saja
yang
lecet,
eh ga taunya setelah isolatornya kita buka ternyata ada 2 kabel yg
lecet dan 1 yang
hampir putus. Setelah saya
perbaiki dan
sambung pakai klem (pent-jangan
disambung dengan
cara diplintir antara kabel yang
satu dengan
yang
satunya lagi
karena akan menambah jumlah hambatan arus yg menuju sensor CKP,
sangat riskan untuk sistem injeksi). Setelah
itu coba saya
ONkan dan ternyata lampu MIL mati dan motor bisa
dihidupkan dengan
tombol starter (jgn lupa untuk reset/hapus kerusakan yg tersimpan
pake scanner terlebih dahulu.
Referensi
:
Kasus
yang Wahyu Motor Sidoarjo yang masuk ke redaksi Auto Champion
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion