Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Jangan Migrasi Blogspot ke Wordpress

Jangan Migrasi Blogspot ke Wordpress
Pengalaman melakukan migrasi blogger/blogspot ke wordpress sudah saya alami. Artikel ini cenderung pendapat pribadi jadi kalo tidak sepakat tidak masalah, tapi insyaAllah akan bermanfaat bagi pembaca yang berkepentingan. Intinya blogspot dan wordpress punya keistimewaan masing masing, jauhi perdebatan terkait keduanya karena kedua platform blog tersebut memang berbeda. Gagalnya migrasi blogspot/blogger ke wordpress selalu ada hikmahnya. Ada beberapa hal yang saya simpulkan terkait migrasi blogspot ke wordpress :
1. Tujuan migrasi blogspot ke wordpress.org adalah memindahkan semua file, komentar, trafik dll terkait blogspot dipindah ke hosting wordpress yang berbayar. Dikarenakan blogspot tidak memberi kesempatan untuk disimpan di hosting, hanya ada kesempatan beli domain. Ini riskan, apalai ada pelanggaran TOS bisa kena delet sewaktu-waktu. Catatan jika anda melanggar TOS, kalo tidak ya relatif tidak dihapus.
2. Migrasi blogspot ke wordpress, tidak mesti soft landing, tapi bisa mengalami banyak kendala dan kegagalan, seperti hilangnya trafik, banyak penyesuaian tiap artikel, misal artikel anda 1000 artikel, bisa manual edit semua artikel dan tambah sana sini klo ada yang belum terangkut dalam migrasi.
3. Jika anda gagal migrasi ke wordpress, maka saat anda memilih kembali ke blogspot, trafik juga tidak serta merta langsung normal, bahkan bisa drob 50% lebih, normalisasi trafik butuh waktu lagi. Jadi jika ingin migrasi pikirkan dan manajemen resiko dengan baik.
4. Pilih jasa migrasi yang kompeten, punya trak record pernah melakukan migrasi dengan sukses soft landing, dan sudah teruji beberapa kali, dan pastikan yang terpercaya tidak macam- dengan file anda dan kerahasiaanya.
5. Semata pindah dari blogspot ke wordpress, tanpa ada optimasi dan strategi seo lainya itu sama saja tidak akan berdampak besar terhadap SEO, alias percumah dengan semata pindah, hanya sisi positifnya semua file sudah terhosting sendiri. Langkah 1 sekedar aman sudah dapat.
6. Jika ingin sekedar backup artikel blogspot, buatlah blog lagi di platform wordpress dengan hosting berbayar, kemudian aktifkan keduanya baik blogspot maupun wordpressnya. Untuk jaga-jaga, setiap artikel di blogspot disimpan di wordpress dalam bentuk draft, kalo ada apa-apa dengan blogspot misal di delet google, anda tinggal publish semua artikel yang disimpan didraft anda secara serentak di blog yang wordpress dan tidak terkeda pelanggaran doble kontent karena artikel awal anda dihapus di google karena suatu hal. Ingat ya hanya dalam bentuk draft bukan doble konten artikel.
Demikian berbagi pengalaman terkait migrasi blogspot/blogger ke wordpress jika ada sharing dan masukan silakan ke amanahilmiah@yahoo.co.id.
Artikel di bawah ini awal posting saat migrasi ke wordpress, tapi karena gagal akhirnya saya pindah artikel ini ke blogspot. Tetap bermanfaat, syaratnya baca sampai akhir agar tidak gagal paham.
Auto Champion Training Center Sempat Migrasi ke Wordpress Tapi Balik Lagi Karena Gagal Soft Landing ke Wordpress
Auto Champion Training Centre Center berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dengan selalu memperbaiki kualitas on-line. Perpindahan dari blogspot ke wordpress ini merupakan babak baru existensi Auto Champion Training Center di jagat maya. Tentu saja siswa, custormer dan pembaca blog akan menemukan sesuatu yang berbeda, dan harapan itu adalah perbedaan yang lebih baik. Pada awalnya Auto Champion Training Centre Center tampil di dunia maya sekitar tahun 2009 , melayani pendidikan kursus mekanik motor di Jogja dengan platform blogspot, karena beberapa alasan akhirnya kita migrasi ke wordpress. Beberapa alasan tersebut semoga bisa menginspirasi :
  1. Ingin memiliki Hosting sendiri sehingga memiliki otoritas relatif penuh terhadap content web. Memudahkan backup data dan berbagai isu keamanan lainya.
  2. Ingin membawa semua file data website di blogspot yang sudah memiliki penayangan sekitar 3000an ke Hosting sendiri.
  3. Ingin bisa tampil responsif, bagus dan bisa beradaptasi saat dibuka di hp, tablet laptop dan tampilan device lainya.
  4. Ingin lebih menata tampilan web, struktur dan anatomi web dan tentu saja seo friendly di google dengan kata kunci kursus mekanik motor, kursus mekanik sepeda motor, kursus mekanik motor jogja dan kata kunci tentang alat injeksi lainya.
  5. Dan segala kemudahan lainya bagi pembaca web yang setia.
Semoga upaya kita ini lebih bisa melayani siswa kursus mekanik motor dan customer alat bengkel motor injeksi, baik scanner, fuelpump tester, injector cleaner dan alat bengkel motor modern lainya, ataupun pelayanan terkhusus bengkel motor injeksi.
Karena semua upaya di atas gagal terutama mempertahankan traffik, akhirnya Auto Champion pindah ke Blogspot lagi, namun masih mengupayakan agar trafik yang hilang sekitar 50% bisa balik lagi. InsyaAllah semoga lancar dan tidak mengganggu client ataupun customer.


Terima kasih



Dadang Auto Champion