Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha Xeon Tidak Mau Hidup

Yamaha Xeon GT 125 Tidak Mau Hidup

Problem
Kasus yamaha Xeon GT 125 lampu MIL 19 kedipan cek data motor scanner tidak mau mendeteksi ( data unknown), dengan kick starter maupun electrik starter motor tidak mau hidup. Klakson juga nyaring. Saat coba cek batere kondisi 12,5 Volt, berarti kondisi baik. Kemudian dicoba dicek dengan alat scanner FIDT, tertulis 19 ECU output line disconect, dicoba lepas ECU lalu pasang ulang, masalah tetap sama.
Solusi
Diagnosa awal ECU yang rusak, jika ganti, harga sekitar 685 ribu. Mekanik mencoba telp YMS Jogja, tapi harus kirim STNK untuk indent barang. Sebelum pesan, pihak YMS memberi saran, coba cek kabel yang menuju standar samping, mungkin ada yang putus. Kemudian mekanik ikuti saran dari YMS Jogja, body belakang roda depan dibongkar dan terlihat potongan kabel kecil-kecil, dan ternyata kabel bagian soket dimakan tikus, harus menyambung 8 kabel, tapi harus hati hati, ada 3 kabel kelihatanya persis sama, padahal beda, biru putih tapi bagian putihnya ada yang tebal dan tipis, jangan sampai keliru, setelah selesai menyambung dan dirapikan agar tidak konsleting. Lalu coba cek ulang dengan alat scanner, masih 19 kedipan lapu MIL. Lalu matikan kunci kontak dan hidupkan 3x, setelah itu lampu MIL tidak berkedip lagi. Kemudian dicoba distart pake tombol start dan jreng, mesin mau hidup, terima kasih atas saran dari YMS Jogja
Semoga share ini beranfaat jika ada teman teman yang menemukan masalah yang sama. Dari pujiannto, Puji Motor Tekno, Purbalingga tepatnya di desa Makam kec Rembang Purbalingga.

Referensi :
Kiriman Kasus ke Auto Champion dari Puji Motor Tekno Purbalingga Jateng.


Terima kasih