Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mio Soul GT injeksi macet



Mio Soul GT injeksi macet

Problem
            Ini kronologinya, motor Mio soul GT macet, tidak bisa distart, klakson loyo, kadang mau di start elektrik starter, tapi mati lagi. Di MIL (Mal function Indikator lamp) ada kedipan 2 kali secara cepat.
Solusi
            Dari gejala yang ada jelas sekali problem akinya, maklum motor ini sangat tergantung aki yang bagus, karena tidak memiliki capasitor bank, jadi kalo aki rusak tidak bisa hidup. Lain halnya dengan supra PGM FI yang punya capasitor bank, aki jebolpun motor masih bisa hidup walau tidak ideal.
            Meski dugaan awal aki, tapi tetap tak siapkan alat scanner Yamaha FIDT, dan kunci pendukung lainya, siapa tahu jika aki diganti ternyata MIL bisa baca penyakit lainya, karena MIL bisa nyala dengan normal juga harus didukung aki yang ideal. Ternyata setelah aki saya ganti, bisa hidup, dan saya scan pake scanner FIDT, tidak ada masalah. Kemudian motor saya coba, tapi ternyata masih ada penyakit mati tiba-tiba, meskipun dihidupkan dan dielektrik starter sudah gampang.
Sip usaha berikutnya……….
Langsung saya buka dan cek businya, ternyata businya kotor, kemudian saya bersihkan, setelah dibersihkan dan dipasang lagi problemnya hilang dan motor bisa normal kembali.
Jadi intinya saya hanya treatment ganti aki baru (Pastikan jangan yang palsu) dan bersihkan busi.

aki gs asli
 ganti aki asli

busi motor injeksi
bersihkan busi

Terima kasih

Dadang Auto Champion