Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Metode mengenal orang



Metode mengenal orang

metode mengenal orang
 ilustrasi gambar dari solopos.com

            Prinsip bisnis yang penting salah satunya adalah detail mengenali orang. Itu berlaku di bisnis off-line lebih-lebih bisnis on-line. Berapa banyak kerugian, perselisihan, dan kehilangan di seputar bisnis karena kurangnya memahami tentang metode mengenal seseorang.
Sebagian orang berilmu mengatakan setidaknya ada 3 cara mengenali orang diantaranya :
  1. Sudah pernah bepergian bareng. Dengan cara ini akan muncul sifat aslinya, amanah tidaknya, berani tidaknya, pelit tidaknya, sabar tidaknya, temperamen tidaknya dan lain sebagainya.
  2. Sudah pernah punya hubungan bisnis sebelumnya. Ada track record reputasi berbisnis dengan orang tersebut dalam jangka waktu yang cukup untuk mengenali seluk beluk berbisnis denganya.
  3. Sudah pernah berinteraksi denganya secara mendalam. Misal pernah jadi tetangganya. Tetangga jadi indikator kuat mengenal detail, apakah dia paham menjaga dari mengganggu tetangga, berbuat baik kepada tetangga, atau sebaliknya malah memudhorotkan tetangga.
Dari ketiga point diatas, salah satunya sudah menunjukkan nilai positif saja sudah mending, apalagi ketiga-tiganya komplit, akan lebih mantab untuk memutuskan berkerjasama dengan orang tersebut, utang-piutang, atau memberikan amanah, dan lain sebagainya. Jika belum sedetail itu, jangan mudah percaya orang, tapi selidiki dulu. Jika belum ada interaksi sama sekali tanyakan perihal orang tersebut, dari teman safarnya, dari tetangganya, ataupun dari teman bisnisnya. Saya termasuk yang pernah kehilangan karena belum mengenal metode tersebut.
 
Referensi : Disarikan dari pesan sahabat Nabi, Umar bin Khotob, tapi maaf belum ketemu sumber aslinya, baru mencari. Jika ada masukan silakan ke amanahilmiah@yahoo.co.id.


Terima kasih

Dadang Auto Champion