Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Trend Bengkel motor perlu sikap positif



Trend Bengkel motor perlu sikap positif

Trend bengkel motor perlu sikap positif.

            Trend sepeda motor yang semakin meningkat memacu banyak orang untuk memiliki bengkel sepeda motor sendiri, termasuk mekanik bengkel resmipun ingin seperti itu, meski harus belajar lagi karena bisanya hanya 1 merek. Tapi patut disayangkan kurangnya pengalaman dan persiapan akhirnya hanya latah ikut-ikutan buka bengkel motor sehingga hasilnya tidak sesuai harapan. Dalam pikiranya hanya tertipu bisnis-bisnis instan, ingin semuanya cepat tanpa tahapan-tahapan yang masuk akal.
            Diantara siswa-siswa Auto Champion yang eksis bengkelnya, setidaknya telah menerapkan prinsip-pripsip penting dan langkah persiapan untuk menghindari kegagalan dalam bisnis. Diantaranya adalah beberapa sikap positif dibawah ini :
  1. Belajar  ilmu mekanik motor. Meski sebagai pemilik sekalipun, sebaiknya tetap bisa seluk-beluk motor, agar tidak ditipu karyawan atau pas karyawan berhalangan hadir bisa menangani. Jangan segan turun tangan sendiri untuk bekerja. Beberapa pemilik bengkel akhirnya kursus di Auto Champion diantaranya karena sebab itu. Selain itu benarlah jika ada yang mengatakan “Jangan jadi tamu dirumah sendiri” itu karena dia tidak punya ilmu terkait jasa yang dia jual.
  2. Menerapkan disiplin. Apapun bentuk disiplinnya, termasuk disiplin belajar.
  3. Tidak mudah menyerah walaupun memulai bisnis dari kecil.
  4. Punya visi dan konsep untuk mengembangkan bisnisnya.
  5. Mengabaikan titel, kedudukan, dan gengsi lainya untuk tidak segan terus belajar, tanya dan sharing. Karena belajar adalah obat kebodohan.
  6. Tidak takut gagal, punya optimisme.
  7. Cepat adaptasi teknologi, misal sekarang jaman motor injeksi, ikuti perkembanganya dan cepat belajar dan adaptasi.
  8. Membangun relasi yang efektif menunjang bisnisnya.
  9. Menjaga kepercayaan dan reputasi.
  10. Mau bersusah payah dan tidak manja.
  11. Ini yang terakhir saya yakin anda sepakat untuk ditambahkan dan diterapkan bersama. Iringi doa disetiap usaha kita.
Sebenarnya banyak tapi itu dulu saja sudah cukup untuk menggambarkan sikap positif yang penting dimiliki sebelum usaha. Termasuk usaha bengkel sepeda motor. Ada yang perlu dicatat juga. Saya tidak menjanjikan anda akan sukses dengan prinsip tersebut, tapi pastikan anda menjanjikan diri anda sendiri sukses dengan cara tersebut!. Dan kita berserikat ayo!.

Terima kasih

Dadang Auto Champion