Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Efek extrim riba dalam bisnis/usaha kita dan solusinya



Efek extrim riba dalam bisnis/usaha kita dan solusinya

Pent-(catatan sebelum membaca)
Artikel ini bukan untuk menggurui atau merasa ahli, akan tetapi sarana sharing, berbagi pengalaman dan perenungan kita bersama dan agar lebih meningkatkan kewaspadaanya, apalagi bisnis/atau usaha adalah sesuatu yang kita dan keluarga kita makan dan semoga kita dan keluarga kita terhindar dari riba.
Banyak istilah untuk mengkaburkan makna riba di dalam melegalisasi riba, ada yang memberi nama bunga (untuk mengesankan keindahan), ada yang mengatakan deposito, bahkan ada yang berani menggambil nama Islam yang seolah halal dengan kata mudharabah, syariah yang pada hakekatnya ternyata jika ditinjau lebih lanjut hanya sekedar penamaan, hakekatnya tetap riba dan penamaan lainya untuk pengkaburan. Makanya yang difokuskan jangan penamaanya, tapi bentuk transaksinya dan hakekatnya, pastikan diteliti dan dipelajari terus kebenaranya mengandung riba atau tidak.
            Diantara prinsip dalam berbisnis yang harus dijaga adalah, tidak ada saling mendholimi, mengkhianati, tanpa riba, saling sepakat dan ridho, amanah, menepati janji dan lain sebagainya. Tentu saja orang muslim patokanya alqur’an dan hadits yang jelas melarang riba dan menganjurkan berbisnis halal, agar menjadi rahmat bagi seluruh alam, bukan teror bagi manusia dan alam.
Ini contoh transaksi riba dalam hal pinjam meminjam yang tidak diragukan lagi riba. praktek praktek tersebut semakin marak di negri kita.

 hampir setengahnya sendiri bunganya, belum jika kena denda karena telat dsb, tragis

Efek riba dalam hidup kita bisa ditanyakan ama orang orang berilmu, yang jelas efeknya dipersaksikan kita semua, bahkan duniapun akan mengakui efek tersebut yang semua berakhir pada kerugian di dunia akherat. Sebagai contoh suku bunga yang tinggi akan menjadikan perekonomian sebuah bangsa bisa hancur, kapitalisme subur, keadilan sosial bagi masyarakat tidak bisa tegak dan keberkahan usaha bisa dicabut dari permukaan bumi dan lain sebagainya.
Beberapa kisah tragis terkait riba diantaranya, bunuh diri, stress,dipenjara, depresi, hidup tidak tenang, bangkrut, selama hidupnya untuk membayar bunga dan tunggakan, penyitaan, diuber debt kolektor, malu dan lain sebagainya. Pilihan ditangan anda, ingin usaha bersih riba atau penuh riba?, terserah anda, bukan untuk diperdebatkan lagi.
Padahal ada kok solusi selain riba, bisa dengan investasi Islami, memulai usaha merambat walau dari kecil dan seadanya dulu, kerjasama dengan orang yang terpercaya dan dengan perjanjian yang resmi dan lain sebagainya yang penting halal.
 Satu uraian penting, jangan gengsi, malu atau rendah diri usaha dari kecil, jangan terburu-buru untuk menjadi besar, tanamanpun akan bagus tumbuh secara organic. Intinya ada banyak cara meyakinkan orang 1001 cara bukan 1001 lobi, tidak selalu harus nampak besar dulu. Ada yang kelihatan besar tapi untuk menjadi kedok penipuan. Di jaman sekarang harus hati -hati, banyak orang makan orang istilah extrimnya sekarang. Bagi yang terlanjur segera tobat ke jalan yang benar, bagi yang belum jangan sekali kali.

Semoga kita diluruskan, diperbaiki dan diberi hidayah menuju jalan yang benar.

 Terima kasih.

Dadang Auto Champion