Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keunikan kerusakan sistem pengapian sepeda motor


Keunikan kerusakan sistem pengapian sepeda motor

Kerusakan 1

Kiriman pengalaman dari siswa Kalimantan

Masalah sepeda motor Yamaha Vega lama, busi cepat mati, pada saat gas besar mesin nembak-nembak dan knalpot keluar api, tapi gas kecil normal. dicek businya ternyata busi kering bagus.

Solusi

Tiap komponen pengapian memiliki klasifikasi hambatan, mulailah saya cek kuil ternyata yang sekundernya ternyata gak ada sama sekali,lalu saya ganti dengan yang baru motor dihidupkan lagi ternyata masih nembak nembak tapi tidak separah awalnya tadi. Saya urutkan ke CDI disitu tidak ada api, tapi saya belum bisa simpulkan CDI yang rusak,dalam pikiran saya gak mau gegabah karena CDI mahal, diceklah spul pengapian dan pulser keduanya bagus. Barulah saya bisa simpulkan masalahnya di CDI lalu saya ganti CDI yang baru akhirnya masalah motor terselesaikan.

Kerusakan 2

Pengalaman dari siswa Pemalang Jawa Tengah

Vega diselah susah, setelah mesin hidup digeber mau, tapi berhenti di lampu merah gak mau stasioner dan pasti mati, terus diselah sulit lagi, harus dimasukkan gigi dan didorong bisa hidup. Setelah berhenti mati lagi dan diselah susah lagi.

Solusi

Langsung dicek pengapiannya, dari busi api kecil, kabel busi api kecil, api dari CDI ke coil juga kecil, setelah memastikan busi masih normal dan koil masih normal,tinggal dua kemungkinan antara CDI atau spul CDI dan spul pulser, setelah spul CDI dan pulser dicek tidak ada masalah, baru dipastikan kerusakannya di CDI, untuk lebih memastikan lagi kebetulan pas ada CDI Yamaha vega normal yang boleh dipinjam untuk mengecek, dan memang betul setelah diganti CDI semua menjadi normal. Itulah problem solving sederhana namun tepat sasaran kerusakan.

Referensi :

Kiriman pengalaman murid dan kasus langsung yang mereka hadapi saat bekerja.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Posting Komentar untuk "Keunikan kerusakan sistem pengapian sepeda motor"