Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kick starter dan elektrik starter ngelos


Kick starter dan elektrik starter ngelos

Sepeda motor mengalami gangguan yang merepotkan, ketika diselah atau kick starter digenjot, mleset terus, sehingga mesin tidak bisa hidup. Orang-orang sering menyebutnya ngelos karena seker seperti tidak bergerak ketika kick starter digenjot. Jika elektrik starternya normal gak ada masalah, namun jika tidak normal bisa lebih repot.

Masalah diatas juga bisa terjadi pada motor starter, yaitu ketika di start, yang memutar Cuma motornya aja, mesinnya tidak. Berikut ini adalah bagian yang perlu dicek ataupun diganti bila menghadapi masalah tersebut.

Pengecekan apabila masalah ada di kick starter

1. Stelan kopling distel dengan baik terlebih dahulu.bila masih lakukan pengecekan tahap berikutnya.

2. Buka blok kopling periksa pegas kopling manual lemah atau tidak, kemudian dilanjutkan pengecekan kampas kopling dan platnya sudah tipis belum, apabila rusak ganti.

3. Pengecekan kopling satu arah kick starter, biasanya yang paling sering rusak gotrinya ,sudah pelos atau pegas pendorong gotrinya sudah lemah.











Gambar sebelah kiri adalah penyetel kopling (Suzuki shogun 125), gambar sebelah kanan adalah gotri kopling satu arah untuk kick starter((Suzuki RC).

Pengecekan apabila masalah ada di motor starter

Fokus pada kopling satu arah. Letaknya dibelakang magnet disitu juga ada beberapa gotri, ada yang berjumlah 3 dan ada yang jumlahnya lebih dari 3. Bila gotri sudah pelos atau pegasnya lemah bisa terjadi gejala tadi, dan harus diganti










Gambar gotri kopling satu arah pada sistem elektrik starter( letak dibelakang magnet)

terima kasih


Dadang Auto Champion

Posting Komentar untuk "Kick starter dan elektrik starter ngelos"