Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Tips Skir/Skur Klep Tanpa Merusak Sil Klep

Tips Skir/Skur Klep Tanpa Merusak Sil Klep

Skur/Skir Klep atau katup adalah upaya untuk mengkondisikan agar klep/katup rapat saat menutup dengan sempurna. Itu dilakukan untuk mendapatkan kerapatan kompresi. Untuk melakukan skur/kir klep dibutuhkan alat diantaranya pemegang katup, bisa diganti dengan tools/alat-alat menyesuaikan, grinding paste atau obat skur/skir, itu semacam amplas tapi berbentuk pasta sehingga bisa fleksibel saat ditaruh di setting klep. Dan penggunaan grinding paste atau obat skur/skir disesuaikan tingkat kebocoran katup, gunakan finishing (fine this end) jika rembes dikit.

klep bocor
katup bagian basah yang bocor yang perlu diskur/skir

obat skur/skir



cara skir klep atau katup


Biasanya skur/skir klep diiringi dengan mengganti sil klep, tapi jika sil klep relatif baru dan belum lama dipasang dan katup perlu diskir/diskur, ikuti tips berikut ini :
  1. Lakukan skir/skur klep seperti biasa, tapi saat membersihkanya gunakan saja lap atau tisu wajah (lebih efektif) sampai bersih, jangan dicuci atau dibersihkan dengan bensin atau cairan lainya, karena jika saat membersihkanya pakai bensin/ cairan lainya dan ternyata sisa grinding paste masuk ke area sil klep, dan pas skur/skir klep lagi, grinding paste itu bisa merusak sil klep/katup, jadi harus ganti sil klep lagi. Jika hanya dilap saja pakai kain atau tisu setelah skur/skir klep maka tinggal rakit lagi dan aman silnya tidak rusak.
  2. Sekali lagi dengan tips ini bisa dilakukan dalam kondisi sil klep sudah terpasang. Selain itu justru menambah presisi saat skur/skir klep.Demikian cara skir/skur klep dengan cepat dan tetap aman untuk sil klep meski kondisi sudah terpasang tidak masalah, tetap bisa skur/skir klep dengan efektif dan cepat tanpa khawatir merusak sil klep. Setidaknya itu pendapat saya semoga bermanfaat.


Terima kasih


Dadang Auto Champion