Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Lulus Kursus Mekanik Disalurkan?


Lulus Kursus Mekanik Disalurkan?
lulus kursus bengkel motor disalurkan?
Gambar bengkel motor yang semoga mewakili kerja keras, kemandirian, dan usaha yang halal

Pertanyaan yang sering muncul dari calon peserta kursus diantaranya, apakah lulus kursus mekanik motor langsung disalurkan kerja?. Saya apresiasi itu sebuah pertanyaan yang bagus. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait pertanyaan tersebut. Perlu diketahui sebuah lembaga pendidikan menjanjikan lulus langsung disalurkan, bahkan itu menjadi jargon di sebuah lembaga untuk menarik siswa, itu seperti 2 mata pedang, jika janjinya benar itu yang diharapkan, tapi jika janjinya meleset, itu jadi bumerang bagi lembaga pendidikan tersebut.
Saya pribadi perpendapat sulitnya menjamin lulusan kursus mekanik untuk disalurkan 100% atau di bawahnya dan sulitnya sekarang menemukan orang yang jujur. Harus hati-hati dalam promosi lembaga kursus, terlebih lembaga kursus tersebut peduli kualitas dan kejujuran. Sekelas kampus besar berkualitaspun belum tentu berani membuat jaminan lulusannya disalurkan kerja 100% atau di bawahnya. Ini menyangkut integritas orang berbeda beda, secara kualitas barang kali bisa jamin, walaupun kenyataana tidak semua presisi, tapi kejujuran,karakter, adap attitude, moral, tingkat religius, jika nilainnya rendah apa tetap mau nekat disalurkan, apa tidak merugikan pihak yang menerima, dan justru menghancurkan bisnis mereka.
Oleh karena itu Auto Champion Training Centre memilih jawaban yang pas, yaitu lembaga kursus mekanik motor kami tidak menjanjikan lulus dijamin kerja atau disalurkan. Tetapi jika ada yang minta mekanik motor, baik itu dealer, bengkel francise, atau bengkel umum atau yang mengajak kolaborasi dengan murid kita, kita kasih kesempatan murid kita yang berprestasi untuk mengisinya seperti yang sudah sudah. Tidak cukup hanya lulusan kursus mekanik motor yang berprestasi, tapi memiliki sekian syarat tambahan, jujur, baik karakter,adab dan lain sebagainya. Masih belum cukup sampai situ kenapa kita tidak jawab lulus kursus mekanik motor kita langsung disalurkan. Ini pertimbangan penting dan berhikmah yang semua itu akan bermanfaat bagi siswa kami itu sendiri :
  1. Jaminan yang menyangkut 2 belah pihak harus ada komitmen diantara keduanya. Tidak bisa jaminan itu hanya 1 arah saja.
  2. Janji palsu itu mendidik orang untuk tidak jujur.
  3. Manusia semakin punya skill dan keahlian tidak mau merepotkan orang lain, boro boro mau jadi karyawan atau melamar kerja. Yang ada malah ingin usaha sendiri atau justru memberi peluang kerja bagi orang lain.
  4. Lebih tertarik untuk tidak berjanji, tapi jika ada permintaan atau lowongan kerja mekanik, kita berikan kesempatan yang kepada siswa yang berprestasi. Itu juga untuk mendidik kompetisi sehat antar siswa untuk perprestasi dan mengembangkan diri. Toh jika mereka berprestasi belum tentu juga mau disalurkan seperti tadi, akhirnya malah pilih usaha sendiri.
  5. Pentingnya kita memotivasi siswa untuk mandiri, mandiri dan mandiri sejak awal masuk. Seandainya mereka kerja, setelah penuhi hak dan selesai kontrak saya yakin mereka akan berwirausaha sendiri.
  6. Dan lain lain.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta