Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio Sporty Tarikan Awal Tidak Mau Digas, Tapi Kalo Mesin Sudah Panas, Normal

Mio Sporty Tarikan Awal Tidak Mau Digas, Tapi Kalo Mesin Sudah Panas, Normal

Problem
Upaya perbaikan motor terkadang akan menghadapi kasus yang belum tuntas diselesaikan atau mentok dengan berbagai sebab. Tidak usah jauh-jauh saya contohkan saya sendiri. Yaitu saat motor Yamaha Mio Sporty Pak Lik tidak bisa dihidupkan sama sekali. Setelah saya cek ternyata tanda topnya meleset, ini terjadi bisa karena pemasangan awal perbaikan sebelumnya, atau karena tensionernya sudah mulai kurang bagus sehingga tidak bisa menekan rantai kamrat dengan baik. Selain itu katup kurang rapat sehingga terjadi kebocoran kompresi, kompresi bocor bisa karena memang sudah umur part, atau karena efek tanda top yang meleset.
Solusi
Karena keterbatasan waktu, kompromi dana dan signifikan tidaknya untuk diperbaiki dengan biaya tinggi (kategori motor tua saat ini), akhirnya hanya sampai sebatas hidup dan bisa dipakai motornya. Yaitu dengan ditopkan ulang, ganti katup dan diskur klep dan ganti oli. Parkit karburator diganti membran skep vakum, jarum skep, filter karbu juga. Aki diganti baru karena mulai susah elektrik starternya. Itupun total biaya perbaikan sudah 600an ribu.
Hanya tesisa masalah itu tadi, Tarikan awal tidak mau digas, tapi kalo mesin sudah panas semua normal, jadi solusinya ya panasi aja dulu biar gejala tadi tidak muncul. Ada bagian yang sebenarnya idealnya diganti seperti rantai kamrat yang sudah molor, tensioner dan beberapa part CVT. Untuk motor Mio Sporty setua itu menghabiskan 1 juta lebih lumayan eman. Karena belum diganti rantai kamratnya dan part kebutuhan overhaul lainya jika ingin sempurna. Jadi terkadang ada sekian kompromi juga sampai ketemu trouble shooting yang sempurna. Terpenting semua di komunikasikan saja dengan pemilik motor biar paham.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta