Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Konslet Motor Injeksi, Membingungkan Sebagian Orang

Konslet Motor Injeksi, Membingungkan Sebagian Orang

Problem
                 Gini ceritanya pak, temen saya sekaligus guru saya belajar alat scanner injection Yamaha dan Honda yang saya beli dari bapak, sedang kesulitan menangani motor mati total, ga ada apinya. Motornya Honda Vario New 110 headlamp LED. Kata yang punya awalnya mika lampu depan pecah lalu dibiarkan saja, Kemudian lampu LEDnya mati dan konslet sampe motor tidak mau hidup. Semua sudah diganti, ECU, Stator plus pulser dan koil, barang dijamin asli semua tapi hasilnya nihil, menurut bapak apanya ya mohon pencerahanya.

Solusi
                 Saya Dadang Auto Champion hanya menyarankan jika di scanner injeksi tidak ada tanda kerusakan, berarti kita nyarinya harus cara lain baik dengan multi, powerscan atau alat pendukung lainya. Dari keterangan saat konsultasi ECU/ECM sudah ganti 3 kali karena panas dan tidak fungsi saat dipasang, akhirnya rusak. Itu jelas terjadi karena ada konslet di pengkabelan.

Setelah menghubungi lagi............ini solusi orangnya sesuai dengan kapasitas ilmunya, meskipun begitu tetap layak saya share sebagai pengalaman berharga.
                 Pak itu teman saya tempo hari kasusnya ganti kabel body baru, ECUnya jadi tidak panas dan konslet lagi, memang kata dia konslet kabel body, tapi kabel body yang terbakar ataupun konslet tidak ditemukan padahal sudah berusaha diurai dan dirunut, makanya akal udah mentok langsung aja ganti kabel body, motorpun aman dan tentram, katanya sih habis diatas 2 juta.
Itulah pengalaman, mencari pengalaman ada resiko, anda tinggal baca artikel menyimak dan dapat ilmu.
                 Analisa saya Dadang Auto Champion, sebenarnya masalah konslet tetap bisa dirunut meskipun telaten apalagi konsletnya lembut dan nyaris tidak kentara. Tapi jika ingin ganti kabel body yang baru dan males ada sambungan kabel atau kondisi kabel body sudah tidak bagus karena air masuk rangkaian pengkabelan, ya solusi ganti kabel fullset tidak masalah jika ada dana. Dan pastikan selalu konsultasikan dana dan pengerjaan dengan pelanggan anda, jangan sampai pelanggan dibuat kaget.

Referensi :
Kasus kiriman Alfiasyah (Cengkareng dekat bandara Soetta) ke Auto Champion, dishare untuk berbagi ilmu. Bahasa sudah diedit untuk penyelarasan.

Terima kasih

Dadang Auto Champion