Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Honda vario mati mendadak



Honda vario mati mendadak

            Kasus ini dialami oleh pembaca tabloid otomotif, kebetulan pengasuhnya rubrik konsultasinya mas Okta, mengapa ini kita tayangkan? Setidaknya ini juga bisa mewakili solusi dari motor matik lainya. 

Ini dari orangnya langsung yang konsultasi ….. “ secara tiba-tiba, mesin suktik saya mati. Beberapa kali coba hidupkan pakai double starter, hasilnya nihil. Takut akinya tekor, usaha menghidupkan mesin saya lanjutkan dengan menggunakan kick starter. Eh, kok ngelos saja seperti enggak ada kompresinya. Lau cek busi pakai double starter, masih terdapat letikan api. Longok ke tangki bensin, meski enggak terlalu penuh tapi masih ada isinya. Memang setelah dibawa ke bengkel hanya bilang businya kotor. Apa benar yang dibilang bengkel tersebut?. Kalau memang bukan seperti itu, kita kira apa penyebabnya masalah yang menimpa saya itu, takutnya melanda lagi?”

Kemudian sama mas Okta dijawab, agar lebih jelas kita susun dengan point-point, ini diantaranya :
  1. Analisanya saat pakai kick starter kok bisa ngelos, hampir bisa dipastikan bagian piston yang bisa dijadikan tertuduhnya. Yaitu ada kotoran di got ring piston sehingga membuat ring piston terhambat mengembang saat panas. Agar tidak terjadi lagi, dilakukan servis dengan membersihkan got ring piston.
    got ring piston
  2. Gunakan kik starter untuk mengengkol, agar doble starter tidak cepat tekor, setidaknya 10x, dibarengi dengan membuka grip gas, agar uap bahan bakar yang masuh bisa mendinginkan piston, ring dan dinding silinder. Harapanya kalau sudah dingin, fungsi part-part tersebut normal kembali.
  3. Jika belum berhasil, masukkan sedikit oli ke ruang bakar melalui lubang busi. Fungsinya untuk memberikan pelumasan dan ring piston bisa mengembang.
  4. Setelah itu, baru pasang kembali businya. Jangan langsung dinyalakan, tunggu antara 2-3 menit. Waktu itu dibutuhkan agar cuk otomatisnya bekerja seperti semula.
  5. Baru setelah itu, dinyalakan pakai elektrik starter atau kick starter.
Demikian cuplian konsultasi antara pembaca tabloid Otomotif dengan mas Okta pengasuh rubrik konsultasi, semoga bermanfaat.

Referensi
Rubrik konsultasi Otomotif edisi 41:XXIV 12-18 Februari 2015.

Tambahan lagi, adapun pengalaman dari murid kita (pemilik Artomoro motor) dan client kita Agus Wahyudi , diantaranya ada yang hanya dimasukkan oli di ruang bakar agar hidup lagi seperti yang dilakukan Artomoro motor Tasikmalaya, ada juga yang dibersihkan ruang bakarnya, namun tanpa perlu membongkar, dengan semacam bahan kimia merek tertentu yang dimasukkan ke ruang bakar, sehingga ruang bakar dan piston bisa bersih, seperti yang dilakukan oleh Wahyu motor milik Agus Wahyudi Sidoarjo Jatim cara tersebut diklaim lebih cepat.

Terima kasih

Dadang Auto Champion