Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Modifikasi Motor Error



Modifikasi Motor Error

            Kaidah modifikasi motor akan salah kaprah apabila berefek menjadikan fungsional system atau komponen motor menjadi berkurang kinerjanya. Sebut saja Fulan (disembunyikan karena kode etik), inginya memodifikasi rem cakram agar gaul, dengan konsep racing dalam tanda petik, dengan cara menukar selang rem standarnya, kemudian membuatkan adaptor untuk aplikasinya tersebut. Kebetulan motornya Suzuki Satria FU dan itu dilakukan pada rem cakram depan.
            Penting untuk diperhatikan rem depan setidaknya dalam fungsi gaya pengeremanya 70% adapun rem belakang sisanya 30%. Ini karena saat kita melakukan pengereman semua beban mayoritas tertumpu pada bagian depan, makanya rata-rata rem cakram biasanya di depan. Bukanya dibalik rem tromol di depan dan rem cakramnya dibelakang.


modifikasi motor 
Gambar yang dilingkari merah bagian yang bocor


            Lihat saja dengan produk yang dibilangnya produk racing, ternyata justru mengalami kebocoran pada bagian selang bawah. Karena bawaan produk racing dalam tanda petik, ring perapatnya ternyata kurang rapat. Dan dari bahanya sepertinya tidak terbuat dari kuningan (bahan yang biasa digunakan untuk perapat), tapi tidak tahu dari bahan apa seperti krum-kruman.
Akhirnya berefek membahayakan, untungnya kebocoranya cepat ketahuan, padahal motor tersebut digunakan untuk berjalan di sekitar perbukitan dan rawan kecelakaan. Jika tidak ketahuan bahaya, dan bisa mengancam nyawa karena memungkinkan kehilangan sekitar 70% pengeremanya karena yang error bagian rem cakram depanya. Langsung saya suruh semua ganti standarnya. Slamet slamet.
Saran saya hati-hati dengan aplikasi produk non pabrikan yang belum teruji kualitasnya, apalagi belum ada standarisasi dari pihak yang berwenang.

Terima kasih

Dadang Auto Champion