Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jangan sembarang pasang ring payung



Jangan sembarang pasang ring payung

            Ring payung disebut juga dengan conical spring washer, komponenya yang kecil terkadang menjadikan seorang mekanik motor menyepelekan pemasangannya. Padahal sebenarnya arah pemasanganya tidak boleh sembarangan, jika arah pemasanganya sembarangan maka akan berakibat fatal bagi keselamatan pengendara ataupun bagi kerusakan sepeda motor sekaligus. Ini mirip seperti pemasangan kunci rantai gear roda, arahnya juga tidak boleh terbalik.
Perhatikan ilustrasi pemasangan yang benar, ilustrasi pemasangan ini kita contohkan pada sepeda motor yang bertipe sistem CVT (Continour Variable Transmision)  atau lebih terkenal dengan tipe matik, yang kita contohkan dalam gambar adalah sepeda motor matik Yamaha nouvo.
ring payung
 gambar 1
            Lantas apa efeknya apabila pemasanganya terbalik?, efeknya adalah walaupun baut sudah dikencangkan akan mudah terlepas atau kendor, tentu saja akan membahayakan karena komponenya akan buyar bisa merusak sistem yang diikat oleh baut, apabila ngancing/terkunci putaranya bisa membahayakan keselamatan, apalagi saat kecepatan tinggi. Lihat gambar 1.

 ring payung gear box matik
 gambar 2

            Adapun contoh kedua ada pada gambar 2. Ini terkait pemasangan dua buah conical spring washer atau ring payung pada bagian gear transmisi motor matik Yamaha nouvo juga. Disitu ada 2 ring payung. Adapun arah pemasanganya digambarkan jelas dibawah ini. Apabila pemasanganya terbalik akan berefek suara berisik dan tidak normal pada bagian gear box.
Oleh karena itu pesan jika ingin membongkar sebelum membongkar direkam terlebih dahulu atau ditandai dengan spidol permanent atau tipe ex agar bisa mengembalikan pada kedudukan semula.

Referensi : Mekanisme dan petunjuk praktis sistim CVT Nouvo 115cc, yamaha

Terima kasih

Dadang Auto Champion