Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Elektrik starter mio ngelos

Elektrik starter mio ngelos

Problem       
Jika motor Yamaha mio mengalami penyakit saat di starter menggunakan elektrik starter kok ngelos, atau kadang nyambung kadang ngelos, namun saat digunakan kick starter ternyata no problem bisa dihidupkan, silakan baca ulasan berikut!.
Solusi
            Penyakit tersebut terkait dengan One Way Clutch atau kopling satu arah, jika kopling satu arah tersebut bermasalah, maka elektrik starter akan ngelos seperti kasus diatas. Fungsi kopling satu arah atau one way clutch ada 2:
1. Menggabungkan magnet dengan elektrik starter saat motor starter bekerja.
2. Jika motor starter sudah tidak bekerja dan mesin sudah hidup, kopling satu arah tersebut akan memisahkan putaran mesin dengan gear motor starter, simple bukan?
            Kerusakannya tidak total satu paket kopling satu arah, walaupun ada yang mensyaratkan harus dibeli semua. Bagian yang sering rusak biasanya per dan gotrinya saja. Untuk sepeda motor mio memungkinkan dibeli hanya per dan gotrinya saja. setelah per dan gotri diganti semua problem diatas akan hilang.

kopling satu arah
yang dilingkaran merah adalah kopling satu arah

elektrik starter ngelos
 itu gambar kopling satu arah saat dibongkar, yang panjang itu pernya (4buah) dan 4 penyangga per kecil  dan 4 silinder yang gede yang ditonjok per dan menekan gir kopling satu arah (maaf gambar blurek) semoga jelas (gambar diambil dari motor plus no.783/XIV 26 feb-04maret 2014)



Referensi 
Motor plus no.783/XIV 26 feb-04maret 2014
Katalog part Yamaha mio

Terima kasih



Dadang Auto Champion.