Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor Injeksi Brebet, Solusinya?



Motor Injeksi Brebet, Solusinya?

            Pernah membaca di internet, kebetulan lupa alamat webnya, yaitu tentang kasus kerusakan motor Yamaha vixion injeksi (terkait performa mesin) yang dilakukan perbaikan komplek sampai bongkar sistem injeksinya ternyata akhirnya sederhana ,yang rusak cuma businya butuh penggantian.
Adapun kasus yang satu ini, juga hanya melibatkan perbaikan simple.
Motor Honda supra 125 PGMF-I (motor injeksi) mengalami gangguan, diantaranya, kondisi stasioner tidak stabil (naik turun), kemudian putaran tingginya gas tidak bisa los dan brebet.
Solusi           
            Mengatasi masalah tersebut jangan phobi ( takut) dengan teknologi motor injeksi, akan kita praktekkan pengecekan dan perbaikan sederhana yang ternyata tidak berususan dengan kerumitan, dan tidak banyak membutuhkan banyak alat, OK sebenarnya kamu sendiri juga bisa kok do it your self alias dikerjakan sendiri.
Ayo kita perbaiki !
1. Cek ruang bakar dengan melihat kondisi busi, ternyata busi hitam, tanda pembakaran tidak sempurna, busi juga tidak fokus titik apinya, ganti sekalian.
2. Filter juga sudah kotor, bersihkan atau ganti jika sudah melebihi kilometer.
motor injeksi brebet
 Penyebab detonasi dan nglitik karena kerak ruang bakar
3. Karena terdengan suara detonasi, alias nglitik juga, ini salah satu tanda ruang bakar kotor dengan sisa pembakaran, dan otomatis menyebabkan perbandingan kompresinya meningkat. Bongkar saja dan bersihkan ruang bakar, jangan lupa cek kerapatan klep atau katub dari kebocoran. Jika sedikit bocor atau merembes sekalipun skur dan pastikan rapat. Kebetulan semua rapat dan hanya butuh pembersihan.
injector cleaner
 bersihkan injector dengan injektor cleaner
diatas adalah cara manual, kurang maksimal, agar lebih maksimal dan tuntas, pake Injektor Cleaner dan tester

injektor tester dan cleaner

injektor cleaner

injektor tester
  injektor tester dan cleaner, lebih efektif membersihkan dan ada pengatur frekwensi buka tutup injektor sehingga bisa mengkopyok injektor saat dibersihkan dan semprotan injektornya bisa nampak berbarengan dengan keluarnya kotoran.

4. Sebagai ganti bongkar karburator, karena motor ini injeksi, bisa kok buka sekalian injektornya dan bersihkan aja atau semprot dengan carburetor cleaner atau injector cleaner, nampak sekali banyak kotoran di injector, ini bisa juga mengganggu kelancaran suplai bensin karena kotor.
5. Stel katub in/ex 0.05 ±0.02 (sebagaimana manual motor supra 125R PGM-FI

 busi motor ideal
Setelah dilakukan perbaikan seperti diatas, semua penykit diatas sembuh, stasioner statbil dan brebet hilang,ini hasilnya, busi langsung bersih dan kering tanda pembakaran sempurna, dan kesimpulanya perbaikan tadi termasuk kategori perbaikan sederhana servis semi berat, yang sebenarnya kalian semua bisa kan setelah belajar?.
Terima kasih

Dadang Auto Champion