Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi GPS pada sepeda motor



Apliksasi GPS pada sepeda motor

            GPS ( Global positioning System) bisa dipasang di sepeda motor maupun mobil dan sudah banyak diaplikasikan secara meluas di dunia otomotif. Berdasarkan informasi dari murid saya yang 6 tahun kerja di Korea, GPS sudah diaplikasikan mayoritas kendaraan dan bisa memonitoring keberadaan kendaraan dan pemantauan lalu lintas di negri tersebut. Sehingga jika ada pelanggaran 1 kendaraan, hukumanya bisa didenda, dengan cara langsung potong tabungan yang ada di rekening bank pengemudinya sesuai bentuk pelanggarannya, sehingga membuat takut pelanggar lalu lintas, masih mending kalo punya tabungan, kalo tidak ????*" mmm bisa tambah babak belur. Hal itu sangat memungkinkan terlebih Unit GPSnya terdiri dari GPS navigasi dan GPS Tracker yang terpadu menjadi 1 kesatuan.

GPS Navigasi

gps navigator

Sesuai namanya untuk melakukan navigasi bagi yang belum memahami daerah tertentu, cukup mendownload peta lalulintas, kemudian dengan GPS navigasi tersebut akan menginformasikan posisi kendaraan yang kita kendarai secara real time dengan software pemandu. Apabila kita terapkan lock direction akan menginformasikan jika kita salah arah tujuan.

GPS Tracker

gps tracker
GPS receiver digabung dengan GSM/GPRS modul menjadi suatu alat tracking (lihat majalah “konsultasi kita edisi 1” rubrik teknologi yang ditulis oleh Uuh Muhdi Zaeni dan Diena ulfaty hal 9). Inilah yang disebut GPS tracker yang bisa memantau dan menginformasikan posisi kendaraan dari jarak jauh, dan bisa pula melumpuhkan kendaraan dari jarak jauh selama alat tersebut dipasang. Bisa dipantau lewat hp maupun laptop.
Pernah sebuah kejadian mobil xenia rental yang sudah dipasang GPS tracker dibawa orang, ternyata keluar dari trek yang ditentukan, kemudian si pemilik yang sudah memantaunya dari magelang langsung melakukan pengejaran,  posisinya sudah dibawa kabur oleh pencuri ke Jakarta. Kemudian pelaku bisa ditangkap namun plafon mobil sudah diobrak abrik karena pencurinya mau melumpuhkan GPS trakernya, tapi GPS Trackernya belum sempat ketemu mereka sudah ditangkap yang berwajib sehingga jaringan serta markas pencuri diketahui. Wajar karena pemasanganya memang harus tersembunyi kalau perlu ditutup dan dilas paten agar tidak mudah ditemukan dan susah dibuka.
Adapun aplikasinya, tinggal tujuan masing-masing, jika yang suka traveling dan kurang paham daerah bisa pilih yang GPS Navigasi, harga yang dibawah 1juta pun ada tergantung kualitas dan fasilitas. Jika ingin bisa memantau kendaraan dari jarak jauh untuk direntalkan atau keamanan kendaraan sendiri, bisa memilih GPS tracker, survey harga terakhir 1,5 juta paket komplit belum instalasi, harga variasi tergantung kualitas dan fasilitas juga. Jika ingin keduanya, pasang yang GPS yang 1 unit dobel fungsi.
Untuk yang masih ragu belum bisa memasang pada sepeda motor, meski sudah ada petunjuk atau buku manualnya, pilih yang pembelian 1 paket total beserta pemasangannya di kendaraan. Beres kan.

Terima kasih

Dadang Auto Champion