Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jurus merapatkan celah busi atasi motor macet


Jurus merapatkan celah busi atasi motor macet

Pagi-pagi bengkel tetangga konsultasi, dia coba menghidupkan motor seorang ibu yang macet  tiba-tiba, tapi tidak berhasil. Padahal bensin masih dan ketika dicek businya sudah lama, kemudian diganti busi yang baru, tapi tidak berhasil juga padahal sekilas api busi bagus. Karena sudah merasa maksimal akhirnya nyerah juga dan konsultasi ke Auto Champion.

Melihat ibuknya yang keburu berangkat kerja, dengan cara sederhana dan kerja cepat segera kita atasi, itung-itung nolong orang. Langkah pertama kita cek adalah kompresi diseker, dengan pengecekan sederhana dengan ditutup pake jempol dan diselah, kompresi ada, tapi kurang besar. Bisa disimpulkan kondisi ruang bakar kurang ideal, bisa juga sebab lainya sistem pengapian, tegangan di koil kurang besar sehingga pada ruang bakar tidak maksimal.
Kita biasa mengatasi mesin brebet, kondisi ruang bakar yang kurang ideal, dan pengapian yang tegangan ke koil lemah, dengan sedikit merapatkan celah busi dari stelan standar (logika kita api lebih resisten dalam kondisi ruang bakar yang tidak ideal). Baru satu jurus ini diterapkan motor diselah bisa hidup, kemudian dicoba dan gak ada masalah (tidak macet) trus tinggal diserahkan ke ibuk tadi. Sehingga mengatasi problemnya gak ada 5 menit dan terbukti berhasil. Itulah perkerjaan praktis terkadang kita menemukan fakta baru.
Namun jika ingin hasil pembakaran yang sempurna dan irit harus diperbaiki secara menyeluruh yaitu dengan menkondisikan kompresi ruang bakar ideal, dengan diskur  katup atau diganti katupnya, ganti seker, ring seker dan mengganti komponen pengapian yang sudah diluar nilai standar, jika kondisi ideal, baru disetel celah busi dalam kondisi standar antara 0,6-0,8mm.
Cara tadi dilakukan karena tergantung kondisi konsumen yang ingin cepat dan memburu waktu. Kendaraan dalam kondisi seperti itu tentunya lebih boros karena hasil pembakaran kurang ideal. Tapi lumayan dijadikan solusi sementara, yang penting tidak macet dan bisa jalan lancar dan bisa segera ke tempat kerja.

Terima kasih

Dadang Auto Champion