Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Baut kaliper rem cakram macet



Baut caliper rem cakram macet

Saat mengganti kampas pada rem cakram, kasus baut macet pada caliper sering terjadi, sekilas sepele, akan tetapi bisa memakan banyak waktu apabila tidak dikerjakan oleh ahlinya. Baut apabila sudah macet, terkadang formula yang disemprotkan untuk mengatasi baut macet sekalipun tidak berguna. Sehinga membuat baut itu sendiri pelos dan sudah tidak bisa menggunakan kunci lagi untuk melepasnya. Ada beberapa cara untuk melepasnya diantaranya :
1. Dilas
Pekerjaan mengelas baut cakram yang macet pada caliper untuk dilepas, harus dilakukan dengan extra hati-hati. Karena pada bagian dalam caliper ada sil-sil yang bisa meleleh apabila pengelasan tidak dilakukan dengan rapi dan cepat. Sehingga bisa disimpulkan pekerjaan melepas baut cakram yang macet dengan dilas saya tidak menganjurkannya meskipun bisa.
2. Dibor dan disnei
Pekerjaan dilakukan oleh bengkel bubut karena biasanya memiliki alat bor dan snei yang presisi. Snei bukan untuk membuat ulir baru, akan tetapi menghilangkan sisa baut macet yang dibor agar bersih dan bisa dipasang baut yang baru dengan ukuran yang sama.
3. Didrip(dipukul dengan obeng)
Dipaksa dibuka dengan obeng (-) dan dipukul agar mau berputar. Namun cara ini untuk untung untungan kalo tidak bisa ya kembali ke cara dilas dan di bor kemudian disnei seperti cara nomor 1 dan 2 tadi. Namun kesimpulan saya yang paling aman dan rapi pekerjaanya adalah cara yang kedua dengan dibor dan disnei ulang.
Terima kasih
Dadang Auto Champion