Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

MENGATASI REM CAKRAM MACET




MENGATASI REM CAKRAM SERET
Sistem rem termasuk bagian sepeda motor yang penting dan vital karena menyangkut keamanan pengendara. Salah satu gangguan yang terjadi pada system rem cakram adalah rem seret meski tidak dioperasikan, sehingga menyebabkan putaran roda seret dan piringan/discnya panas. Jika didiamkan gambaran paling extrimnya piringannya bisa melengkung karena panas terkena gesekan kampas rem terus menerus, dan rem cakram mengunci, sehingga bisa menyebabkan pengendara jatuh terpelanting.
Solusi
Rem cakram yang seret mudah dikenali, yaitu ketika motor di dorong dalam kondisi mesin dimatikan terasa berat, karena ibaratnya ngerem terus. Cara yang paling mudah, motor distandarkan 2 trus roda diputar maka akan ketahuan seret atau tidaknya.
Untuk mengatasi masalah diatas lakukan beberapa cara sebagai berikut :















Keterangan: gambar dari kiri ke kanan berurutan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3. adapun bawah sendiri gambar 4
1. Pemasangan kampas rem cakram yang baru sekalipun perlu juga dicek apakah kampas tersebut sudah presisi atau belum.(gambar 1) Apabila belum presisi, maka dibuat presisi terlebih dahulu, dipukul pakai palu atau dicepit ragum agar rata,rapat dan presisi.
2. Bagian pinggir piston (gambar2)yang ada di caliper dilumuri oli, tapi jangan banyak2 cukup di sisi pistonya.
3. Per plat kampas rem (gambar 3) juga dicek masih normal apa tidak?, karena per tempat duduk kampas yang miring juga bisa menjadi sebab.
4. As dudukan kampas rem (gambar4) lumuri vaselin atau oli agar memudahkan kampas bergerak dan tidak macet.
Setelah saya coba cara tersebut. Dan kampas saya pasang kembali, ternyata masih seret, wajar karena ada penyesuaian, setelah dicoba beberapa kali akhirnya normal. Dan masalah selesai.
Terima kasih
Dadang Auto Champion