Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mesin Berisik



-->
Masalah
Ikhwan veteran menghubungi crew Auto Champion. Kawasaki Kaze R kesayangannya suara mesinnya berisik banget.
Solusi
Untuk mengatasi masalah suara mesin tersebut berikut beberapa langkah :,
1. Dengarkan sumber suaranya dengan seksama, tapi kudu hati2 jangan sampai kupingnya nempel di mesin, panas kan he he.
2. Lakukan hal-hal yang termudah terlebih dahulu. Buka penutup katup dan penutup rantai depanya, kemudian hidupkan dan dengarkan sumber suaranya secara singkat dan cepat trus dimatikan, agar oli tidak kececer kemana-mana, dengan cara tersebut suara makin jelas.
3. Cek pula yang termudah untuk dilakukan apakah rantai kampratnya kendor, bila ketahuan kendor ganjal dulu tensionernya pake plastic steel trus hidupkan lagi dengan singkat sebelum ditutup. Eh setelah diganjal suara kembali halus berarti jukup sampai disini jurusnya karena baru sampai sini masalah sudah ketemu.

-->.
keterangan gambar : gambar sebelah kiri adalah cara mengecek ketegangan rantai kamrat (silent chain) dan gambar sebelah kanan adalah gambar tensioner yang sudah diganjal plastik steel.

Perbaikannya dengan 2 solusi :
1. diganjal tensionernya menggunakan plastic steel (produk sejenis lem) adalah solusi sementara, tapi lumayan hemat dan gak berisik dalam beberapa lama.
2. Bila ingin tuntas langsung ganti rantai kamprat (silent chain)nya berikut gear kruk as nya dan gear timingnya. Jangan lupa tensioner karet 1 set.
Masalah selesai, terima kasih
Dadang Auto Champion.