Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TROUBLE SHOOTING SEPEDA MOTOR



-->
Trouble Shooting
Assalamualaikum sobat auto champion
Jam 10an malam crew auto champion di telpon saudara Taufiq. Motornya trouble, performa turun, mesin panas dan suara mesin yang berisik. Langsung dijawab silakan besuk dibawa ke kantor. Setelah bertemu, langsung kita coba motornya persis seperti yang keluhkan.
Selanjutnya, dengan cepat crew mengecek sumber berisiknya dan panasnya mesin karena diduga oli tidak naik, maka langsung kita cek dengan membuka penutup katub (gambar 1), dan mesin dihidupkan sekedar untuk mengecek, ternyata benar, ketika mesin dihidupkan tidak ada oli yang terpercik disitu. Ketemu deh masalahnya. Yaitu oli tidak naik. Langkah selanjutnya tinggal cari penyebab kenapa oli tidak naik, perlu diketahui penyebab oli tidak naik ada beberapa kemungkinan diantaranya :
1. Pompa oli rusak
2. Terdapat kotoran yang menyumbat saluran oli
3. Gear pemutar pompa oli mengalami kerusakan
4. Rantai kamprat molor




karena dari suara mengindikasikan bunyi yang mengarah ke suara rantai kamprat maka langsung kita buka bagian blok magnet untuk mengecek seputar rantrai kamprat sekaligus gear pemutar pompa oli. Begitu dibuka langsung kelihatan kalo gearnya sudah aus bahkan tidak kelihatan gigi giginya (gambar 2 dan 3). Inilah bagian yang rusak, efeknya jelas jika komponen tersebut rusak putaran pompa oli terganggu bahkan bisa tidak berputar sama sekali. Sehingga menyebabkan suplay tekan pompa oli ke kepala silinder yang merupakan tempat mekanisme katub terganggu, praktis menyebabkan berbagai masalah seperti yang dikeluhkan.
Perbaikannya langsung saja ganti gear pompa oli, bila ingin lebih sempurna sekalian rantai kamprat dan rollernya. Untuk memasangnya kita cukup bongkar blog magnet, blok kopling dan penutup gear timing depan. Begitu dipasang greng! Ngreng! langsung mesin halus dan tidak mudah panas lagi dan secara otomatis masalah2 tadi hilang. Beres kan.
Terima kasih atas perhatiannya
Dadang
Auto champion