Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MASALAH KARBURATOR

MASALAH KARBURATOR


Problem

Saudara Adit mengeluhkan penyakit di motornya, dari keterangan beliau,kesimpulannya capek deh, bensinya borosssssss banget!. Maklum beliau kalo ama motor udah kayak sehidup semati, jadi sensitive jika kurang beres. He he, maksudnya tu motor satu-satunya alat transportasi vital. Maklum kan.

Solusi

Begitu ketemu sama kru Auto Champion langsung tuh motor di cek. Analisa pertama kita buka businya. Sudah diduga businya berwarna hitam tanda terlalu berlebihan bensin dan pembakaran kurang sempurna. Intuisi kru mengatakan masalahnya di karbu.

Cek and ricek ketahuan jarum pelampungnya udah rusak (ilustrasi 1). Kita ganti dan hidupkan suara motor udah agak mendingan. Beres?, Eitt ! nanti dulu, harus dibuktikan hitam diatas putih. Maksudnya, businya kita buka dan cek apakah sudah menunjukkan pembakaran normal. Setelah kita buka businya ternyata masih belum menunjukkan pembakaran normal, busi masih hitam alias belum beres, meski tidak separah awalnya.












Tenang, masih ada jurus lagi paling tinggal sedikit setingan. Dari hasil bacaan di pembakaran busi dan motor setelah dicoba putaran stasioner dan rendahnya belum sip. Ini artinya ada masalah di system putaran rendah. Setelah dibuka karbunya, ternyata spuyer kecil (pilot jetnya) (ilustrasi 2) udah terlalu longgar. Ada 2 pilihan ganti part kit karbu atau diakali, akhirnya biar cepat dan hemat kita akali, kita ganjal kawat spuyer kecilnya (pilot jetnya) dan sedikit setingan jarum skep (ilustrasi 3) Maklum udah biasa, jadi sedikit setingan ketemu deh masalahnya.

Setelah diseting, sepeda motor dicoba dan ketemu setingannya, dari putaran rendah ke tinggi dah ok, begitu dicek di busi menunjukkan pembakaran normal. Ini baru beres.

Dadang

Auto Champion

Posting Komentar untuk "MASALAH KARBURATOR"