Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

CB 150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah

CB 150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah
motor injeksi mudah mati

Problem
Pelanggan barusan beli CB150R old second (bekas) dengan keluhan jika dibuat jalan 1 km mesin brebet, kemudian mati, dan untuk dihidupkan kembali susahnya minta ampun. Pada saat mesin brebet indikator di speedo meter kedap-kedip. Ditunggu beberapa menit mesin baru bisa dihidupkan, tapi jarak yang ditempuh semakin pendek kemudian terjadi gejala seperti yang diterangkan di atas.
Solusi
Kemudian di bawa ke bengkel katanya akinya. Setelah akinya ganti (tapi tidak sesuai spesifikasi, aki yg digunakan aki tipe MF GTZ5S merek GS yang amperenya cuma 3,5 A sedangkan akinya asli CB150R MF GTZ6V yang amperenya 5,3A). Kemudian dibawalah motor tersebut ke bengkel Injeksi Wahyu Motor Sidoarjo. Setelah mendengar cerita dari pemiliknya disimpulkan bahwa sistem pengisian tidak bekerja dengan semestinya. Karena di CB150R old terdapat capasitor bank yang dapat mengcover kebutuhan listrik di saat aki sudah tidak bisa bekerja dengan baik (soak). Sehingga harusnya motor dapat hidup normal meskipun aki rusak atau bahkan tanpa aki.

Langkah berikutnya……...
Langkah 1 aki dicas, setelah penuh motor bisa dihidupkan. Nah pada saat hidup ini langsung mekanik cek sistem pengisianya pakai AVO meter dan ternyata pada saat kecepatan stasioner voltase cenderung turun, tapi begitu tuas gas di tarik sedikit kira-kira pada posisi 3000 rpm baru ada pengisian. Kemudian cek kiprok lalu urut lagi kabel-kabelnya dan ternyata soket kabel dari sepul terbakar, hal ini memang sering terjadi pada CB150R old. Setelah soket dimodifilasi pakai terminal listrik yang kabelnya dijepit menggunakan baut, dan soket sudah diperbaiki dan kabel sudah tidak panas lagi, dicoba lagi, tapi hasilnya nihil.
Kemudian Mekanik coba bongkar spulnya dan ternyata spulnya terbakar, setelah diskusi dgn pemilik akhirnya digulung ulang. Setelah sepul digulung ulang dan sdh terpasang ternyata hanya bertahan 1 minggu dan sepul terbakar lagi, kemudian mekanik komplainkan ke bengkel dimamo dan mereka mau munggulung ulang, setelah terpasang lagi ternyata hanya bertahan 1jam dan sepul terbakar lagi (menggulung spull ulang sangat tidak disarankan instruktur Auto Champion). Dengan kejadian tersebut sang pemilik minta sepulnya minta diganti yang assy (komplit) dan orisinil (harga 430rb). Setelah terpasang mekanik tidak berani langsung menghidupkan mesin terlebih dahulu. Mekanik berfikir kalo dihidupkan langsung, kalo terbakar spulnya lagi bagaimana?. Akhirnya mekanik berpkir masa akinya yang tidak sesuai spesifikasi, soalnya head lamp menggunakan lampu tipe H4 dengan watt 55-65 dan begitu kontak ON lampu langsung nyala, jadi arus aki cepat terkuras dan sistem pengisian bekerja lebih extra.
Saran mekanik kepada pemilik adalah akinya diganti saja sesuai spek, dan orangnya setuju bahkan dia juga minta kipronya sekalian (harganya 200an) diganti takutnya komponen di dalam kiprok terjadi konsleting. Setelah semua terpasang mekanik langsung hidupkan mesin dan ukur pengisiannya, voltase yang masuk di rpm 3000 adalah14.66v kalo stasianer 13.45V. Selesai sudah troublenya dan pelanggan pun puas meskipun mengeluarkan biaya yang tdk sedikit.

Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion.


Terima kasih


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta