Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha Mio J Mogok

Yamaha Mio J Mogok
Problem
Siang hari ada teman minta tolong untuk memperbaiki Yamaha Mio J mogok di bengkelnya di Sidoarjo Jawa timur. Katanya kalo distarter susah hidupnya. Kebetulan waktu itu pekerjaan di bengkel saya (mekanik Injeksi Wahyu Motor) sudah kelar semua, tinggal pekerjaan yg ringan-ringan Saja. Lansung saja saya meluncur ke lokasi.
Solusi
Setelah sampai lokasi dan langsung berhadapan dengan motor, langsung saya eksekusi. Setelah kuci kontak saya ONkan ternyata lampu MIL tidak menyala sama sekali, mungkin (pikiran saya lampunya putus). Kemudian Saya coba pakai scann tool punya yamaha, ternyata muncul kode 61 ( ISCnya (Idle Speed Control) rusak, atau ada kabel ISC yang putus atau konslet ). Setelah kabel-kabel ISC dicek, ternyata aman-aman saja. Terus langsung aja ISC diganti dan lansung distart, ternyata lansung jreng.... Fungsi ISC disamping sebagai idle speed control, berfungsi juga sebagai cuk saat penyalaan bila temperatur kerja belom tercapai/suhu dingin.

Refersensi :
Kasus Bengkel Injeksi Wahyu Motor Sidoarjo yang masuk redaksi Auto Champion diceritakan langsung mekaniknya. Pent- sudah diedit seperlunya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta