Mio Sporty Tarikan Awal Tidak Mau Digas, Tapi Kalo Mesin Sudah Panas, Normal
Mio
Sporty Tarikan Awal Tidak Mau Digas, Tapi Kalo Mesin Sudah Panas,
Normal
Problem
Upaya
perbaikan motor terkadang akan menghadapi kasus yang belum tuntas
diselesaikan atau mentok dengan berbagai sebab. Tidak usah jauh-jauh
saya contohkan saya sendiri. Yaitu saat motor Yamaha Mio Sporty Pak
Lik tidak bisa dihidupkan sama sekali. Setelah saya cek ternyata
tanda topnya meleset, ini terjadi bisa karena pemasangan awal
perbaikan sebelumnya, atau karena tensionernya sudah mulai kurang
bagus sehingga tidak bisa menekan rantai kamrat dengan baik. Selain
itu katup kurang rapat sehingga terjadi kebocoran kompresi, kompresi
bocor bisa karena memang sudah umur part, atau karena efek tanda top
yang meleset.
Solusi
Karena
keterbatasan waktu, kompromi dana dan signifikan tidaknya untuk
diperbaiki dengan biaya tinggi (kategori motor tua saat ini),
akhirnya hanya sampai sebatas hidup dan bisa dipakai motornya. Yaitu
dengan ditopkan ulang, ganti katup dan diskur klep dan ganti oli.
Parkit karburator diganti membran skep vakum, jarum skep, filter
karbu juga. Aki diganti baru karena mulai susah elektrik starternya.
Itupun total biaya perbaikan sudah 600an ribu.
Hanya
tesisa masalah itu tadi, Tarikan
awal tidak mau digas, tapi kalo mesin sudah panas semua normal,
jadi
solusinya ya panasi aja dulu biar gejala tadi tidak muncul.
Ada bagian yang sebenarnya idealnya diganti seperti rantai
kamrat yang sudah molor, tensioner dan beberapa part CVT. Untuk motor
Mio Sporty setua itu menghabiskan 1 juta lebih lumayan eman. Karena
belum diganti rantai kamratnya dan part kebutuhan overhaul lainya
jika ingin sempurna. Jadi terkadang ada sekian kompromi juga sampai
ketemu trouble shooting yang sempurna. Terpenting semua di
komunikasikan saja dengan pemilik motor biar paham.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta